5 Pelawak Srimulat di Pusaran Kasus Narkoba

Nunung menjadi pelawak Srimulat kelima yang ditangkap polisi karena kasus narkoba.

JEDA.ID–Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap polisi karena memiliki sabu-sabu. Tertanngkapnya Nunung dalam kasus narkoba ini menambah panjang daftar pelawak Srimulat yang berurusan dengan polisi karena kasus narkoba.

Polisi menyebut dalam tiga bulan terakhir, Nunung beserta suaminya, July Jan Sambiran, sudah 10 kali membeli sabu-sabu. ”Tersangka 2 [July] dan 3 [Nunung] mengambil sabu-sabu dari tersangka 1 [Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu] sebanyak 10 kali dalam waktu 3 bulan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Jumat (19/7/2019), sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sabu seberat 0,36 gram. Selain itu, ada juga peralatan untuk memakai sabu seperti bong, sedotan dan korek api. Nunung dan suaminya, July, ditangkap di rumahnya di daerah Tebet Timur, Jakarta Selatan.

Argo menyebut Nunung dan suaminya menggunakan narkoba sejak lima bulan lalu. Mereka beralasan menggunakan sabu-sabu untuk menjaga stamina dalam bekerja. Nunung menjadi pelawak Srimulat kelima yang ditangkap polisi karena kasus narkoba.

Pembina Sirumulat, Agum Gumelar, sempat menyatakan kekecewaannya terhadap tertangkapnya pelawak karena kasus narkoba dan melibatkan Srimulat. Artis terjerat narkoba pun menjadi keprihatinannya.

“Saya juga selalu wanti-wanti agar jangan lagi terulang kasus yang sama lagi dalam tubuh Srimulat. Boleh cari uang yang banyak asal jaga kesehatan dan jauhi narkoba, tapi semua kembali ke individunya,” sesal Agum sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Berikut pelawak Srimulat yang sebelumnya terjerat kasus narkoba.

Tessy

Tessy Srimulat

Tessy Srimulat (Solopos)

Tessy ditangkap pihak kepolisian karena kedapatan memiliki sabu-sabu 1,6 gram. Selain itu, saat digeledah polisi juga menemukan alat penghisap. Petugas kepolisian dari Direktorat IV Narkoba Badan Reserse Kriminal Polri menggiring Tessy ke kantor polisi.

Di tengah perjalanan Tessy mengaku sakit dan muntah-muntah. Usut punya usut, saat polisi menggeledah kediamannya, Tessy sempat meminta izin ke kamar mandi. Di dalam kamar mandi, pelawak yang sering berlakon sebagai wanita ini menenggak cairan pembersih lantai.

Tessy ditangkap polisi pada Kamis, 23 Oktober 2014 lalu. Ia ditangkap di rumah temannya, di kawasan Bekasi Utara. Dari situ, polisi kemudian menggeledah rumah pelawak tersebut.

Doyok

pelawak Srimulat

Doyok Srimulat (Solopos)

Pemilik nama Sudarmaji ini ditangkap karena mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu. Doyok pun dinyatakan bersalah dan diadili di Pengadilan Negeri Tangerang dan harus mendekam di penjara selama satu tahun.

Doyok mengaku telah siap menjalani semua keputusan hakim. Pengalaman pahit dan hidup dibui, membuat Doyok jera. Ia mengaku kapok menggunakan narkoba. Pelawak Srimulat ini mengingatkan agar jangan pernah coba-coba menyentuh barang haram tersebut.

Polo

pelawak srimulat

Polo Srimulat (Solopos)

Ditangkapnya Doyok hampir bersamaan dengan rekannya di Srimulat, Bharata Nugraha alias Polo. Polo ditangkap pada 2000 akibat memakai narkoba dan diciduk saat memakai narkoba di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat. Polo kemudian divonis penjara selama tujuh bulan.

Hidup di balik jeruji besi rupanya tak membuat Polo jera dan berubah. Empat tahun kemudian dia kembali ditangkap polisi. Lagi-lagi akibat kasus narkoba. Dia tangkap kembali aparat Polsek Kramat Jati pada 2 Juni 2004. Polo lalu divonis 1,5 tahun akibat kasus keduanya itu. Namun, pada Mei 2005 dia sudah bebas dan mulai kembali menapaki kariernya yang terpuruk.

Gogon

Gogon Srimulat

Gogon Srimulat (Solopos)

Pelawak Srimulat dengan rambut unik ini ditangkap polisi di rumahnya di kawasan Neglasari, Tangerang pada 2007. Polisi mendapati barang bukti narkoba. Atas kasusnya ini Gogon harus mendekam di penjara selama empat tahun.

Setelah bebas, Gogon kembali ke grup yang membesarkannya. Tapi, pria bernama asli Margono ini punya tekad baru. “Sebenarnya yang kena kasus seperti itu (narkoba) aku yang terakhir di Srimulat. Aku sudah lepas dari masalah itu,” kata Gogon

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.