Suicide Song: Daftar Lagu yang Sebaiknya Tidak Didengarkan Saat Galau

Suicide song adalah istilah untuk menyebut lagu-lagu yang dipercaya mendorong orang untuk mengakhiri hidup.

JEDA.ID – Suicide song bukanlah tren baru di telingan pegiat teori konspirasi. Fenomena ini sudah terjadi lama dengan banyak kisah-kisah misterius yang meliputinya. Meski begitu, tren berbau mistis ini terus muncul di setiap era.

Tantra oleh ustaz Ahmad Baequni dalam salah satu ceramahnya yang menyinggung musik K-Pop (budaya pop Korea Selatan), adalah salah satu dari sekian banyak hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Tantra, kata Ustaz Baequni lagi, terkandungan dalam lagu yang membuat orang terbuai untuk larut dalam syair dan lirik.

Namun, tantra bukan satu-satunya yang dilekatkan dalam medium bernama musik. Pesan-pesan tersembunyi dan ajakan juga disisipkan dalam alunan yang menyeret emosi pendengar. Hal ini membuat musik bukan saja dipakai untuk manifestasi karya seni, tapi juga media untuk menyampaikan pesan secara mendalam.

Salah satu yang cukup populer di kalangan penikmat teori konspirasi adalah suicide song. Istilah suicide song, oleh laman NME dan Songfact, disebut dengan berbagai istilah seperti song of depression, song about suicide, atau desperate song.

Lagu yang masuk dalam daftar suicide song berkisah tentang keputus asaan, bunuh diri, dan ketidak mampuan untuk menjalani hidup. Ada pula yang hanya berupa melodi atau simfoni yang, katanya, bisa mempengaruhi mental seseorang.

Sejumlah lagu memiliki kisah suram sehingga banyak ditambah-tambahi dengan kisah-kisah menyeramkan tentang pengalaman seseorang menyanyikannya. Ada pula lagu yang menyebabkan fenomena-fenomena yang tak bisa dijelaskan secara rasional.

Ensiklopedia bebas, Wikipedia, mengumpulkan daftar lagu yang masih dalam suicide song. Ada sekitar 200-an lagu dan simfoni yang masuk dalam daftar itu.

Selain Wikipedia, blog Avclub, TheTopTens, hingga Spinditty punya daftarnya masing masing. Jeda.id merangkum sejumlah judul yang paling sering muncul dikombinasi dengan lagu-lagu lokal yang juga memiliki kisah mistis. Berikut daftarnya;

Gloomy Sunday

Lagu ini diciptakan tahun 1933 oleh Rezso Seress pianis dan pencipta lagu dari Hungaria. Judul aslinya adalah Vége a Világnak atau Szomorú Vasárnap. Liriknya yang ditulis Laszlo Javor menjadi kekuatan magis lagu ini.

Sang Pencipta, Rezso Seress bunuh diri dengan melompat dari sebuah hotel di Budapest setelah gagal melakukan percobaan bunuh diri pertamanya. Javor juga dikabarkan bunuh diri.

Saat dinyanyikan Billie Holiday pada tahun 1941, lagu ini memunculkan kegelisahan dengan meningkatnya kasus bunuh ini. Sampai akhirnya BBC melarang lagu ini untuk diperdengarkan.

Adam’s Song

Adam’s Song adalah single ke-3 Blink 182 di album Enema of the State (EOTS) (1999). Adam’s Song adalah satu-satunya lagu bertempo lambat dengan lirik serius di album EOTS.

Lagu ini sebenarnya diciptakan untuk mencegah perilaku bunuh diri. Salah satu rumor menyebut Mark Hoppus, bassist Blink 182 menulisnya setelah mendapat surat dari seorang anak bernama Adam yg ingin mengakhiri hidupnya.

Namun pada kenyataannya pada 4 Mei 2000, seorang remaja siswa Columbine High School bernama Greg barnes memutuskan bunuh setelah lagu ini berkali-kali. Diduga Barnes mengalami depresi karena dia menyaksikan teman baiknya terbunuh karena tertembak.

Requiem for a Tower

Lagu ini dipopulerkan oleh Clint Mansell dan telah dijadikan soundtrack lagu film The Lord of the Rings. Melodi dalam lagu ini sangat halus dan mendayu-dayu.

Dilansir Telegraph, Rabu (25/7/2011) seorang Norwegia bernama Anders Behring Breivik mendengarkan lagu ini saat melakukan pembantaian 68 nyawa. Berita ini menjadi pembahasan hangat di Norwegia kala itu.

Reverse

Reverse lebih seperti sebuah melodi yang terdengar aneh dan menyimpang. Kadang Anda akan menemuinya dengan judul Symphony of Karl Mayer. Konon orang yang mendengar melodi ini dua jam nonstop akan menjadi gila.

Video aslinya memperlihatkan tayangan yang diawali dengan suara yang mirip suara TV bersemut lalu disusul suara aneh, lebih mirip anak kecil tertawa dan disusul dengan suara-suara yang melengking tajam kemudian sayup-sayup terdengar. Musik latar yang mengiringi adalah senandung yang tidak jelas pengucapannya. Beberapa menit kemudian Anda akan dikejutkan dengan suara yang melengking tajam dan sangat tinggi.

Melodi Karl Mayer memang serangkaian nada yang tidak lazim didengar. Informasi seputar Reverse ini tidak begitu jelas. Sebegitu misteriusnya melodi ini sampai-sampai tidak ada yang tau tentang Karl Mayer itu sendiri.

Sejumlah wilayah yang ikut melawan penjajah yang berniat merebut kemerdekaan Indonesia antaranya terjadi di Jakarta pada tanggal 18 November; di Semarang pada 18 November; di Riau 18 November; di Ambarawa tanggal 21 November; di Bandung 6 Desember; dan di Medan pada 6 Desember.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.