• Thu, 25 April 2024

Breaking News :

Jangan Salah! Mesin Pencarian Pertama Internet Bukan Google

Google identik sebagai mesin pencarian Internet. Namun sebenarnya Google bukanlah mesin pencarian pertama Internet.

JEDA.ID-Google identik sebagai mesin pencarian Internet. Pengguna internet kini terbiasa bertanya segala hal ke Google untuk mencari tahu segala hal.

Namun Google bukanlah mesin pencarian pertama Internet. Ada Archie sebelum Google.

Archie kali pertama dirilis ke publik pada 10 September 1990. Archie dikembangkan sebagai proyek sekolah oleh Alan Emtage di McGill University di Montreal, Kanada.

Menurut wawancara dengan Digital Archaeology, Emtage sekolah dan bekerja sebagai mahasiswa pascasarjana pada tahun 1989 di departemen teknologi informasi universitas tersebut.

Perhatikan Tips Menghadapi Atasan Buruk Ini Agar Karier Aman

Pekerjaan Emtage mengharuskannya menemukan software untuk para mahasiswa dan fakultas lain. Dia kemudian menulis beberapa kode yang kemudian dikenal sebagai Archie.

Selain Emtage, ada dua rekannya Bill Heelan dan Peter Deutsch yang juga menjadi kunci dalam pengembangan Archie. Sebabnya, mereka menulis skrip yang memungkinkan orang lain untuk masuk dan menggunakan mesin pencarian tersebut.

Dikutip dari Mashable dan detikcom, Jumat (11/9/2020), Archie tidak sama persis dengan mesin pencari yang kita kenal sekarang. Saat pengguna masuk, mereka akan menemukan halaman berbasis teks dengan beberapa opsi parameter penelusuran. Tidak ada iklan apalagi grafik interaktif seperti yang biasa kita temui saat ini.

Tank AMX-13 Tabrak Gerobak Gorengan-Motor, Ini Fakta Ketangguhannya

Di masa-masa awal Internet, Archie sebenarnya hanyalah indeks situs File Transfer Protocol (FTP). FTP pada dasarnya menjadi cara untuk mentransfer file antar komputer. Setelah menemukan apa yang dicari menggunakan Archie, pengguna harus mengunduh file sebelum bisa melihat apa yang ada di dalamnya.

Archie belum sepintar Google yang bisa menggunakan keyword bahasa sehari-hari. Jadi pengguna harus memastikan untuk membatasi pencarian pada satu kata yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Setelah Archie, muncul mesin pencarian lainnya antara lain Jughead, Veronica, dan membuka jalan untuk mesin pencarian yang kita kenal sekarang seperti Yahoo dan tentu saja Google yang muncul pada 1997.

Kini, mencari sesuatu di internet menjadi jauh lebih mudah. Kemampuan berbagai mesin pencarian pun berkembang pesat. Semua itu tak akan kita dapatkan tanpa kehadiran Archie.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.