Bulu Babi yang Tidak Mengandung Babi

Bulu babi (Echinoidea) adalah hewan laut berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan.

JEDA.ID – Seorang pria bernama Chris Wilson tersebut ditemukan tak bernyawa di kamar hotel oleh sang istri. Bule asal Britania Raya ini meninggal usai tak sengaja menginjak bulu babi di Pulau Zanzibar yang berada di lepas pantai Tazmania, Australia.

Dilansir News.com.au, Rabu (4/12/2019), kejadian bermula ketika Chris dan sang istri tengah bermain kayak di atas permukaan air laut yang dangkal. Tiba-tiba saja, kayak yang mereka tumpangi terbalik dan Chris tak sengaja menginjak bulu babi.

Setelah merasa ada yang kurang beres dengan tubuhnya, Chris dan sang istri kembali ke hotel untuk beristirahat. “Chris mandi dan berbaring di tempat tidur tak jauh dari AC, katanya dia merasa panas dan terus mengeluh bahwa ada bagian tubuhnya yang terasa sangat sakit. Saya perhatikan ada sejumlah sisa tusukan bulu babi di kakinya,” sebut istri Chris.

Betapa terkejutnya wanita itu ketika kembali ke kamar dan menemukan suaminya sudah tidak bernyawa. Sayang meskipun tim medis sudah datang, nyawa Chris tak bisa diselamatkan dan telah dinyatakan meninggal dunia.

Bulu Babi

Bulu babi (Echinoidea) adalah hewan laut berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Binatang ini terbagi menjadi sekitar 950 spesies dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5.000 meter.

Ada saja netizen yang sempat dibikin bingung saat vloger terkenal, Raditya Dika, dalam salah satu videonya mengaku makan bulu babi. Beberapa netizen di kolom komentar video berjudul BELAJAR MAKAN SUSHI, 13 Desember 2017, mengira yang dimakannya adalah bulu yang tumbuh di hewan babi. Raditya Dika di video selanjutnya langsung memberikan konfirmasi.

Bulu Babi alias Landak Laut. (Istimewa)

Ini gambar Bulu Babi, kalau yang di atas spesies babi berbulu di Hungaria. (Istimewa)

Bulu babi atau yang juga dikenal dengan landak laut merupakan makhluk laut kecil yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh duri tajam berbisa. Duri yang tajam di seluruh tubuh hewan ini berguna sebagai pelindung dari pemangsanya.

Pada dasarnya, hewan ini memiliki dua sistem pertahanan, yaitu duri dan pedicellariae.

Duri yang menyelimuti semua bagian makhluk laut ini cukup tajam untuk menusuk kulit. Duri-duri ini juga mudah patah. Akibatnya, ketika Anda tak sengaja tertusuk, patahan duri-duri bisa menancap dan tertinggal di kulit bagian dalam.

Sistem pertahanan diri yang kedua adalah pedicellariae. Pedicellariae adalah organ kecil yang sangat halus. Organ ini terletak di antara duri-duri yang ada di bulu babi. Pedecellariae berfungsi untuk melepaskan racun ketika hewan ini menempel pada suatu objek. Termasuk ketika hewan laut satu ini tak sengaja Anda injak.

Makhluk satu ini sering meninggalkan luka tusukan pada kulit, yang dapat dengan mudah terinfeksi jika tidak segera diobati. Bagian yang terkena sengatan biasanya terasa nyeri, gatal, perih, berwarna kemerahan, dan menjadi bengkak.

Apabila luka tusukan terlalu dalam, Anda bisa mengalami cedera yang sangat serius. Apalagi jika setelah tertusuk Anda juga mengalami gejala seperti nyeri otot, lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Pada tahap tertentu terkena tusukan juga menyebabkan syok dan kelumpuhan. Dalam kasus yang parah, gejala-gejala di atas bisa juga memicu kegagalan pernapasan dan bahkan kematian.

Langkah Pertama

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat tak sengaja tertusuk adalah tetap tenang dan jangan panik. Kepanikan akan membuat Anda bergerak lebih gaduh. Ini justru dapat mempercepat penyebaran racun ke bagian tubuh lainnya.

Segeralah menepi ke daratan. Kemudian rendam area yang terkena sengatan di dalam air hangat selama 30-90 menit untuk mengurangi rasa sakit sekaligus melunakkan duri hewan ini yang menancap di kulit.

Secara perlahan, cobalah untuk mencabut potongan duri sebanyak yang Anda bisa. Jika memungkinkan, gunakan pinset agar memudahkan proses pengambilan duri-duri besar yang tertancap di kulit. Anda juga bisa menggunakan pisau cukur untuk mengikis pedicellaria. Pastikan Anda menggunakan pisau cukur dengan hati-hati.

Setelah berhasil mencabut duri-duri yang menancap, segera bilas area yang terkena tadi dengan sabun dan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari infeksi di area yang terkena.

Masalah terbesar yang perlu diwaspadai adalah duri landak laut yang sering pecah di bawah kulit. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika mencabut duri tersebut dari kulit Anda. Pastikan Anda bisa mengambil durinya secara utuh, sehingga tidak ada yang tertinggal di dalam kulit.

Anda juga bisa mengurangi rasa sakit dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen. Apabila area yang terkena tusukan terasa gatal, Anda juga bisa menggunakan krim hidrokortison oles yang bisa dibeli bebas di toko obat. Sebaiknya segera hentikan penggunaan obat hidrokortison segera dan hubungi dokter Anda jika gejala justru semakin memburuk.

Pertolongan Medis

Penggunaan krim antibiotik oles seperti Neosporin di daerah yang terkena juga bisa membantu meringankan gejala yang ada. Akan tetapi, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat antibiotik. Pasalnya, obat antibiotik tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Segera cari pertolongan medis jika ada duri yang tidak bisa Anda lepaskan atau terlalu menyakitkan untuk dilepas. Selain itu, Anda juga diharuskan segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami rasa sakit yang tak kunjung sembuh setelah tiga sampai empat hari tersengat bulu babi.

Patut pula diwaspadai jika ada tanda-tanda infeksi di area yang tersengat dan bagian tubuh lainnya.

Meski tampak menyeramkan, pada dasarnya bulu babi bukanlah makhluk yang agresif. Bulu babi punya segudang khasiat untuk kesehatan.

Setiap 30 gram daging bulu babi, mengandung 3.2 gram protein yang mana kandungan nutrisinya lebih banyak daripada telur. Sebagai sumber protein selain daging dan ikan, bulu babi dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Oleh karena itu, hewan ini memiliki keuntungan yang baik bagi tubuh Anda.

Bulu babi dapat menyediakan kebutuhan vitamin C Anda. Apabila bosan dengan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, seperti mangga atau jeruk, bulu babi dapat dijadikan ‘pelarian’ Anda untuk mencoba hal baru yang tentu memiliki keuntungan bagi tubuh Anda.

Di beberapa kota di Jepang, bulu babi sangat terkenal sebagai afrodisiak, obat untuk membangkitkan gairah seksual. Telur-telur yang ada di dalam bulu babi berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah termasuk organ intim Anda. karena itu bulu babi dapat membuat kehidupan seksual Anda lebih baik.

Bulu babi yang segar akan memberikan manfaat paling besar. Hewan laut ini biasanya dijual hidup-hidup sehingga kita masih bisa melihat duri-durinya menggeliat di air.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.