• Tue, 19 March 2024

Breaking News :

Berapa Pendapatan Artis K-Pop Paling Ngetop?

Persaingan dalam industri K-pop sangat ketat. Namun bila berhasil menaklukkannya, popularitas dan kekayaan jaminannya.

JEDA.ID-Pendapatan para artis K-pop bisa bikin kita tercengang. Lalu berapa pendapatan artis K=pop paling ngetop? Simak yuk ulasannya.

Banyak orang bermimpi bisa masuk ke industri hiburan K-pop. Asal tahu saja kompetisi dalam industri K-pop sangat ketat. Namun bila berhasil menaklukannya, bukan hanya popularitas, pendapatan artis K-pop juga bakal melambung tinggi.

Setidaknya hal ini tergambar dari data Badan Pajak Nasional Korsel soal pendapatan artis K-Pop. Dilansir dari The Korea Herald, Senin (26/10/2020), perwakilan Badan Pajak Korea baru-baru ini menyerahkan dokumen mengenai pendapatan para artis K-Pop paling top tahun 2018 kepada Partai Demokrat.

HP Hilang? Jangan Panik, Lakukan Ini

Angkanya terbilang fantastis. Sebanyak 63 penyanyi Korea, yang masuk dalam 1 persen teratas dari semua penyanyi di negara ini dalam hal pendapatan, mengumpulkan 217 miliar won. Bila dirupiahkan dengan kurs hari ini, angkanya mencapai sekitar Rp2,8 triliun.

Hal lain yang terungkap dari data ini adalah gap yang besar antara penyanyi ngetop dengan rekan-rekannya dalam hal mengumpulkan cuan. Uang yang didapat ke-63 artis ini setara 53 persen dari total seluruh pendapatan penyanyi di Korsel pada 2018.

Pada tahun itu, artis golongan “1 persen teratas” ini rata-rata mengumpulkan penghasilan mencapai 3,4 miliar won, atau sekitar Rp 44 miliar saat ini. Angkanya 113 kali lebih besar dari rata-rata pendapatan penyanyi pada umumnya yang mencapai 64 juta won atau sekitar Rp 831 juta.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin (26/10/2020), jurang pendapatan antara penyanyi yang ngetop dan rekannya yang lain, rupanya semakin lama semakin lebar. Pada 2014, rata-rata pendapatan penyanyi ngetop dalam golongan “1 persen teratas”, hanya lebih tinggi 93 persen dari rekannya yang lain.

Hindari Menyantap Makanan Ini Sehabis Olahraga

“Disparitas pendapatan di bidang hiburan makin memburuk. Kita harus mendorong artis untuk melaporkan soal pendapatan secara transparan, sekaligus melindungi artis lewat program asuransi pekerja,” kata perwakilan lembaga ini, Yang Kyung Sook

Tak hanya di bidang musik, hal serupa juga terjadi pada industri sinema. Sebanyak 180 aktor dan aktris yang berada di jajaran “1 persen teratas” mengumumkan mereka memiliki pendapatan mencapai 306 miliar won, atau sekitar Rp 3,9 triliun saat ini. Angka ini, mencapai 46,9 persen dari total seluruh pendapatan artis seni peran tahun ini.

Aktor dan aktris ngetop itu rata-rata mengumpulkan 1,7 miliar won, atau sekitar Rp 22 miliar, sementara rata-rata gaji untuk profesi ini pada 2018 “hanya” 36 juta won atau sekitar Rp 467 juta.

Pemain Drama

Tak hanya di bidang musik, hal serupa juga terjadi pada industri sinema. Sebanyak 180 aktor dan aktris yang berada di jajaran “1 persen teratas” mengumumkan mereka memiliki pendapatan mencapai 306 miliar won, atau sekitar Rp3,9 triliun saat ini. Angka ini, mencapai 46,9 persen dari total seluruh pendapatan artis seni peran tahun ini.

urang pendapatan juga terjadi di dunia model. Sebanyak 81 model paling ngetop mengumpulkan 500 juta won atau Rp 6,4 miliar dalam setahun, sementara rata-rata pendapatan tahunan untuk profesi ini adalah 11 juta won, atau sekitar Rp 142 juta.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.