5 Perusahaan Besar Dunia yang Ternyata Dulu Jualan Produk Berbeda

Sharp, Nokia, hingga Samsung dirintis untuk segmen bisnis yang berbeda dengan apa yang Anda kenal sekarang.

JEDA.ID – Perusahaan besar dunia telah melewati berbagai macam rintangan sampai akhirnya menjadi sukses dan dikenal. Lamborghini salah satunya. Sebelum akhirnya menjual supercar, perusahaan yang didirikan Ferruccio Lamborghini ini berjualan traktor yang dirakit dari bahan baku produksi militer pasca Perang Dunia II.

Computing-Tabulating-Recording Company (CTR) berjuang bertahun-tahun pada bisnis mesin tabulasi. Setelahnya juga berbisnis mesin untuk dijual dan disewa, seperti alat pemotong daging, penggiling kopi, dan timbangan. Sampai akhirnya menjadi besar setelah berganti nama menjadi IBM dan fokus di bidang komputer.

Selain kedua perusahaan besar itu, ada pula perusahaan-perusahaan lain yang secara dramatis berganti haluan. Perusahaan mana saja? berikut ulasannya;

Sharp Dulu Jualan Pulpen

Pada tahun 1912, Tokuji Hayakawa mendirikan bengkel logam di Tokyo. Salah satu benda pertama yang diproduksi Tokuji adalah gesper yang diberi nama Tokubijo.

Tahun 1915, Tokuji memproduksi penemuannya pensil mekanik yang diberi nama Ever-Sharp. Setelah bisnis pensil dihancurkan oleh gempa bumi besar Kanto 1923, perusahaan pindah ke Osaka dan mulai merancang generasi pertama set radio Jepang. Ini menjadi tonggak awal bisnis Sharp.

Awalnya, perusahaan yang diberi nama “Hayakawa Metal Works” berganti pada 1942 dengan nama “Hayakawa Electric Industry Company”. Pada tahun 1953 barulah Sharp memproduksi televisi pertamanya.

Nokia Dulu Jualan Kertas

Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya.

Awalnya, Nokia tidak mengawali bisnis di dunia teknologi. Nokia Corporation didirikan sebagai perusahaan serbuk kayu. Kemudian mulai memproduksi barang-barang seperti kertas toilet, telepon dan kabel listrik, ban mobil, sepatu karet, dan sepeda. Nokia juga pernah terjun membuat peralatan militer.

Pada tahun 1982, Nokia meluncurkan telepon portable pertamanya yang disebut “Mobira Senator”. Inilah menjadi cikal bakal lahirnya Nokia 1011, ponsel GSM pertama yang diproduksi secara massal pada tahun 1992.

Kata Nokia berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan. Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia.

Samsung Jualan Mie dan Ikan Kering

Pada tahun 1938, Lee Byung-chull mendirikan sebuah perusahaan perdagangan kecil bernama Samsung Sanghoe di Su-dong (sekarang Ingyo-dong) untuk mengekspor ikan kering dan mi ke Manchuria dan Beijing, China. Setelah berkembang, perusahaan itu melebarkan sayapnya pada bidang tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel.

Samsung kemudian tertarik memasuki industri elektronik pada tahun 1960, dengan membentuk beberapa divisi yang berhubungan dengan elektronik yang disebut Samsung Electronics Group. Produk elektronik pertamanya, satu set televisi hitam-putih, dikembangkan pada tahun itu.

Pada tahun 1990-an, Samsung menjual sepuluh anak perusahaannya dan menggabungkan divisi lain untuk fokus pada tiga industri yaitu elektronik, teknik, dan bahan kimia.

Sekarang, Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Forbes mencatat, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Samsung beroperasi dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), peralatan rumah tangga digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor (termasuk alat berat).

Toyota Bikin Mesin Jahit

Toyota Motor Corporation (TMC) adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga membuat robot.

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini.

Berangkat dari industri tekstil, Perusahaan yang memproduksi 1 mobil tiap 50 menit ini ternyata menggunakan penamaan Toyota lebih karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya, Toyoda. Inilah beberapa tonggak menarik perjalanan Toyota.

BMW Produksi Pesawat

BMW (Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works), adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp.

BMW mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun 1917. Akhir dari Perang Dunia I tahun 1918, BMW dipaksa untuk berhenti memproduksi mesin pesawat terbang karena adanya Perjanjian Versailles.

Perusahaan ini beralih untuk memproduksi sepeda motor tahun 1923 setelah perjanjian itu mulai dilonggarkan, dan mulai memproduksi mobil tahun 1928/29.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.