Waspada Ponsel Disadap! Ini Cirinya

Kita bisa saja mengalami ponsel disadap peretas, Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri ponsel disadap dan cara pencegahannya.

JEDA.ID-Tanpa kita sadari telepon seluler (ponsel) kita disadap orang tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana cara mengenali apakah ponsel disadap atau tidak?

Ya, saat ini hampir semua orang memiliki dan memegang ponsel. Namun, tahukah kamu bahwa ponsel yang kita miliki ini bisa saja disadap oleh seseorang? Ya, kejadian seperti ini memang sudah banyak terjadi.

Para peretas dapat mengetahui isi percakapan kita dengan orang hingga dapat mengambil data penting yang kita miliki, lho. Tenang dulu, ada cara mencegah hal tersebut terjadi. Berikut ini sejumlah ciri ponsel disadap seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (10/10/2020):

Muncul Suara Bising

Salah satu ciri yang umum terjadi ketika ponsel kita disadap adalah ketika terdengar suara-suara bising saat ponsel dalam posisi diam, atau suara terdengar menjadi bergema saat kita sedang bertelepon dengan orang lain. Selain itu, sambungan yang terputus secara tiba-tiba juga dapat menjadi pertanda.

Pesan Masuk Sudah Terbaca

Tidak hanya itu, dapat pula terjadi ketika pesan yang baru saja masuk di ponsel mu, sudah dilihat atau dibaca, padahal kamu yakin belum membaca atau melihat pesan tersebut.

Baterai Ponsel Cepat Berkurang

Baterai ponsel menjadi berkurang lebih cepat dari biasanya. Tidak hanya baterai, tetapi bisa juga kuota internet yang cepat habis dan ponsel menjadi cepat panas, meski tidak kamu gunakan.

Setelah Mandi Air Hangat, Mengapa Badan Justru Kedinginan?

Penggunaan ponsel oleh lebih dari satu orang akan membuat suhunya menjadi lebih panas, serta boros, baik daya baterai atau pun kuota.

Muncul Aplikasi Asing

Munculnya aplikasi yang tidak kamu install secara tiba-tiba, bisa menjadi salah satu ciri ponsel tersadap. Jika kamu sudah menaruh rasa curiga pada aplikasi tersebut, ada baiknya segera hapus atau uninstall agar dapat segera dihentikan.

Aplikasi sering crash

Bisanya dapat terjadi karena malware terbentur dengan aplikasi lain, sehingga menyebabkan crash atau menutup dengan sendirinya. Akan semakin mencurigakan ketika aplikasi tersebut sudah dtutup, tetapi ponsel masih alami crash.

10 Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak, Mau Coba?

Nah, agar ponsel tidak mudah disadap peretas, kalian harus tahu cara mencegahnya. Berikut ini cara mencegah ponsel disadap:

Gunakan Kata Sandi

Terkesan sepele, namun hal ini dapat mencegah ponsel tersadap, walau pun tidak menjamin benar-benar terhindar. Ini juga membuatmu terhindar dari penyebaran data atau informasi penting di dalam ponsel, ketika ponsel mu hilang atau dicuri.

Aktifkan Verifikasi

Cara selanjutnya dengan mengaktifkan verifikasi. Ini dapat membuat ponsel dan akun pribadimu seperti email menjadi aman. Akan lebih aman lagi jika kamu mengaktifkan verifikasi sebanyak dua kali

Perhatikan VPN

Penggunaan Virtual Private Network (VPN) perlu diperhatikan, sebab VPN dapat mengenkripsi jaringan internetmu. Para peretas dengan mudah mengetahui dan melihat data-data yang sedang ditransmisi melalui jaringan Wi-Fi.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.