Usia Muda Bisa Sukses, Sejumlah Bisnis Ini Cocok dengan Karakter Kaum Milenial

Tak perlu menunggu usia matang, bisnis bisa dimulai atau dilakukan oleh kaum milenial yang selama ini seolah identik dengan kesukaannya pada gadget.

JEDA.ID – Tak perlu menunggu usia matang, bisnis bisa dimulai atau dilakukan oleh kaum milenial. Selama ini, kaum milenial seolah identik dengan kesukaannya pada gadget. Generasi ini juga cenderung ingin lebih bebas dalam berekspresi termasuk dalam urusan bisnis. Dengan memanfatkan teknologi yang semakin canggih, mereka dapat memilih usaha yang selaras dengan minat dan kemampuan.

Jared Buckley, seorang konsultan dan pelatih kepribadian dari Millennial Skills Coach, Amerika Serikat, mengatakan generasi milenial merupakan generasi yang mudah bosan. Jika setiap hari mereka melakukan pekerjaan sama, ia tidak betah di tempat kerja tersebut. Mereka justru lebih suka jika mendapat tugas-tugas baru yang lebih menantang.

Generasi milenial lebih menyukai pekerjaan yang tidak mengikat. Dengan jadwal yang fleksibel, mereka bisa mengatur rencana bekerja mereka sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan Bentley University, 77 persen Generasi Milenial percaya bahwa dengan jam kerja yang lebih fleksibel, mereka akan lebih produktif dalam bekerja.

Apakah Anda termasuk ke dalam generasi milenial? Ingin memulai bisnis di usia muda? Berikut beberapa bisnis yang cocok untuk kaum milenial versi Jeda.id dilansir dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020).

1. Online Shop

Bisnis yang paling umum dan sudah banyak dijalani oleh generasi milenial yakni bisnis Online Shop. Tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra, hanya mengandalkan gadget, Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli melalui media sosial atau marketplace yang mampu menjangkau berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Anda juga tidak perlu menyewa tempat untuk membuka bisnis ini. Ditambah lagi dengan adanya sistem dropship dalam jual beli online semakin membuat kaum milenial menjadi merasa lebih dimudahkan. Barang yang dapat Anda jual dapat berupa pakaian, jam tangan, bahkan barang elektronik baik dalam kondisi baru maupun bekas. Tak hanya itu, Anda juga dapat menjual barang karya Anda, makanan dan minuman pun dapat dijual secara online.

2. Coffe Shop atau Tempat Nongkrong Unik

Menjamurnya Coffe Shop di sejumlah kawasan kini kian diminati oleh kalangan anak muda sebagai tempat nongkrong. Baik untuk mengerjakan tugas, menumpang menikmati fasilitas yang diberikan seperti Wifi maupun memang hanya ingin menikmati secangkir kopi. Desain interior dan eksterior dari Coffe Shop atau tempat nongki yang unik menjadi daya pikat bagi kalangan milenial untuk dijadikan sebagai spot selfie. Hasil foto yang didapat dari berfoto di Coffe Shop tersebut.

Dilengkapi dengan ruangan ber-AC, kursi yang unik bahkan nyaman, adanya fasilitas wifi serta pelayanan yang ramah akan semakin menambah antusias pengunjung untuk kembali lagi datang ke kedai Anda. Jika Anda termasuk ke dalam golongan milenial, maka Anda perlu mempersiapkan hal-hal unik dan menarik bagi pengunjung Anda yang rata-rata merupakan kaum milenial.

3. Afiliasi

Bisnis ini merupakan suatu bentuk kerjasama antara pemilik bisnis online dengan vlogger atau blogger guna membantu memasarkan barang yang dijual oleh pemilik bisnis online shop. Umumnya, para content creator seperti blogger, vlogger, selebgram ataupun youtuber akan memanfaatkan afiliasi untuk meraup pundi-pundi uang.

Jika Anda ingin melakukan bisnis Afiliasi, sebagai content creator, Anda dituntut untuk me-review melalui video atau tulisan di blog pribadi, website serta sosial media yang Anda miliki. Setelah itu, Anda akan mendapatkan uang komisi dari hasil promosi tersebut. Biasanya blogger akan mendapatkan komisi sebesar 3-5% dari hasil yang didapat pemilik bisnis.

4. Fotografi atau Cetak Foto Polaroid

Bisnis yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya selanjutnya adalah fotografi atau cetak foto ala Polaroid. Bagi Anda yang memiliki kegemaran dalam bidang fotografi, bisnis ini dirasa cocok dengan hobi Anda, khususnya generasi milenial yang akrab hubungannya dengan dunia fotografi. Hanya dengan memanfaatkan ruangan kosong dan nuansa gelap serta beberapa alat seperti kamera, lampu sorot, tripod, dan sejenisnya, Anda sudah dapat menciptakan studio foto sendiri.

Agar mendapatkan uang lebih, Anda bisa menyediakan jasa cetak foto ala Polaroid yang sedang hits di kalangan milenial. Bermodalkan kemahiran dalam menggunakan corel draw atau photoshop, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tanpa terikat dengan atasan.

5. Startup

Mengutip dari Wikipedia, perusahaan rintisan atau umum disebut startup merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Artinya perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Di zaman yang serba instan ini, generasi milenial sangat akrab dengan yang namanya teknologi.Bisnis ini dirasa cocok untuk generasi milenial karena saat ini pemasaran atau penjualan, maupun branding terasa lebih mudah jika melalui internet atau media sosial. Generasi milenial dengan kemampuan otak yang masih fresh dapat dengan mudah menuangkan ide serta kreatifitasnya dalam membuka bisnis startup.

6.Membuka Jasa Desain, Edit dan Blog

Generasi milenial yang jago dalam hal editing, desain dan menulis bisa merintis bisnis yang satu ini. Anda dapat membuka bisnis online di bidang jasa desain, edit dan menulis blog. Dengan memanfaatkan komputer, laptop atau pc yang ada di rumah, Anda bisa bekerja tanpa terikat waktu dan tempat.

Berbekal ide serta kreativitas yang tinggi, Anda mampu menghasilkan suatu karya yang bisa diapresiasi banyak orang. Anda bisa menerima jasa desain pembuatan logo, banner, poster, kemasan, kartu nama, undangan pernikahan, dan lain sebagainya.

Untuk jasa editing, kaum milenial yang hobi selfie dan tergila-gila pada urusan feed di instagram pribadinya akan mencari Anda untuk mengedit fotonya agar terlihat lebih bagus dan bisa mendapatkan banyak likes. Bagi sebagian kalangan milenial, mendapatkan banyak likes di postingan instagram merupakan suatu hal yang disukai.

Bagi Anda yang tak mahir dalam bidang editing, namun hobi menulis, bisa jadi menulis blog adalah bisnis yang dapat Anda tekuni. Jangan salah, kegiatan Anda menulis di blog dapat menghasilkan uang hlo!

Demikian beberapa bisnis yang cocok untuk kalangan milenial, selamat mencoba! (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.