• Mon, 26 February 2024

Breaking News :

Siapa Sangka, 6 Benda Kecil Ini Harganya Selangit

dunia ini banyak hal yang tidak kita duga. Ada beberapa barang yang terlihat kecil tapi memiliki harga yang menjulang tinggi.

JEDA.ID – Pernah mendengar istilah ana rega ana rupa? Kalimat dalam Bahasa Jawa ini berarti harga yang dibayarkan berdasarkan atas tampilan atau menariknya barang.

Misalnya saja, sebuah mobil lamborghini yang dibandrol dengan harga ratusan bahkan milyaran juta. Hal tersebut memang lazim karena sesuai dengan kegunaannya yang bisa dipakai untuk bepergian serta memiliki fasilitas mewah yang memang eksklusif.

Tetapi, ternyata ada beberapa barang yang terkesan kecil tapi justru memiliki harga yang menjulang tinggi.

Mungkin beberapa orang sulit mempercayainya, namun beberapa barang kecil di bawah ini memang dibandrol dengan harga yang fantastis. Faktor yang mendasarinya mungkin karena barang tersebut kuno atau langka. Penasaran apa saja? berikut ulasannya:

Kontribusi Ibnu Sina Memperkenalkan Karantina Diri Mencegah Persebaran Penyakit

Perangko

Benda kecil yang satu ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1800-an, tidak heran jika perangko menjadi barang antik yang layak untuk dikoleksi. Melansir dari The Richest, salah satu perangko dengan harga fantastis bernama The British Guiana 1C Magenta.

Perangko yang dicetak pada 1856 ini menjadi perangko terlangka sekaligus paling mahal di dunia. The British Guiana 1C Magenta diyakini hanya tersisa satu buah saja di seluruh dunia.

Selain itu, perangko ini merupakan satu-satunya yang bukan bagian dari Royal Postage Collection. Kali terakhir perangko ini muncul yaitu di pelelangan pada tahun 2014 dengan harga Rp135 miliar.

Uang koin

Selama ini Anda mungkin menggunakan uang koin hanya untuk kerokan, namun beberapa koin kuno ternyata bernilai jual tinggi, lho. Salah satunya bernama Flowing Hair Silver atau Copper Dollar.

Melansir dari salah satu sumber, Flowing hair merupakan koin yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1794 dan 1795. Keistimewaannya, koin tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dan dinobatkan sebagai uang kuno dengan harga jual tertinggi. Harga jualnya bisa mencapai US$10 juta atau sekitar Rp170 miliar.

Flowing hair merupakan benda bersejarah yang penting bagi Amerika Serikat pada jaman itu karena memiliki ciri khas yang unik. Selain itu, koin yang menjadi lambang pemerintahan federal Amerika Serikat tersebut mengandung 10 persen perak dan 90 persen tembaga.

Permen cokelat

Kudapan manis racikan ahli cokelat Portugis bernama Daniel Gomes ini bukanlah permen biasa. Melansir dari Detik.com, permen yang satu ini dilapisi emas murni 23 karat dan diklaim sebagai permen paling mewah di dunia.

Sebutir permen cokelat berisi saffron, truffle putih, vanilla dari madagaskar dan serpihan emas murni ini dibandrol dengan harga Rp 130 juta. Tak sampai di sini saja, permen cokelat ini bahkan masuk dalam Guinness Book of Record sebagai cokelat paling mahal dan mewah di dunia.

Cangkir

Chiken cup termasuk benda kecil bernilai selangit (Wikipedia)

Chiken cup termasuk benda kecil bernilai selangit (Wikipedia)

Benda mungil ini mungkin menjadi perangkat makan paling mahal sedunia. Walaupun tidak ada berlian, lapisan emas atau butiran kristal Swarovski yang menghiasinya, cangkir bernama chiken cup ini berhasil terjual senilai USD 36 juta, atau sekitar Rp406 miliar dalam acara lelang di Hong Kong.

Material yang terkandung dalam cangkir dengan motif ayam dan bunga tersebut terbilang umum karena sebagian besar terbuat dari porselen. Namun yang membuat harga cangkir ini selangit karena mengandung nilai sejarah yang sangat berharga.

Dapat diperkirakan usia chiken cup sekitar 500 tahun dan berasal dari Dinasti Ming, tepatnya di masa Kaisar Chenghua yang berkuasa dari tahun 1465 hingga 1487. Menurut pihak Sotheby’s, salah satu perusahaan makelar terbesar khusus di penjualan seni, perhiasan, real estate dan barang-barang kolektor, hanya ada 17 cangkir sejenis chiken cup yang ada di dunia. Empat dimiliki oleh pribadi sementara sisanya ditempatkan di museum.

Batu akik

Batu akik berlafadz Allah SWT ini, telah lama menjadi sebuah perbincangan hangat dikalangan kolektor akik. Selain motifnya yang unik, batu yang dimiliki oleh seorang pria bernama Armaya Natsir Siregar ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi.

Melansir dari salah satu sumber, Armaya mengaku akan melepas salah satu koleksi uniknya tersebut dengan harga Rp 1 miliar. Sempat ada seorang kolektor yang telah menawar batu tersebut seharga Rp 200 juta, namun ditolak oleh dirinya.

Ingin Traveling Usai Pandemi, Siap-Siap Hadapi Perubahan Ini

Tusuk gigi

Tusuk gigi yang diproduksi salah satu perusahaan asal Amerika Serikat bernama The House of Solid Gold ini bukan tusuk gigi sembarangan. Pasalnya produk mereka dicap sebagai tusuk gigi termewah di dunia, karena berlapis emas 18 karat.

Melansir Luxuryinsider, tusuk gigi tersebut dijual dengan harga cukup mahal, untuk satuannya pembeli harus rela merogoh kocek US$ 500 atau sekitar Rp 6,6 juta.

Tusuk gigi sepanjang 60 milimeter ini dikreasikan oleh para pengrajin logam di Amerika Serikat dan memang bukan dimaksudkan untuk membersihkan sela-sela gigi. Situs perusahaan menyebutkan, produk mereka dibuat sebagai hiasan meja makan. Tusuk gigi ini dilengkapi dengan tempat eksklusif yang bisa dipakai apabila ingin menaruhnya di meja makan.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.