Selain Ammar TV, Ini 5 Channel Dakwah Terpopuler di Youtube

Ammar TV menjadi salah satu channel Youtube dakwah yang cukup populer selain beberapa lain di antaranya.

JEDA.ID – Channel Youtube Ammar TV mendadak populer usai cerita “Layangan Putus” menjadi trending di berbagai media sosial. Meski kabarnya ditinggal banyak subscribernya, Channel ini sebenarnya menyebarkan banyak konten yang positif.

Akun ini memperkenalkan diri sebagai media belajar bersama. “Kajian Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah Indonesia dan Sekitarnya,” demikian tertulis di deskripsi channel Youtube itu, Senin (4/11/2019).

Ammar TV menjadi salah satu channel Youtube dakwah dengan jumlah subscriber (pelanggan) yang paling banyak. Ada sekitar 1,74 juta subscriber sejak diluncurkan 6 November 2014.

Channel ini juga memiliki featured channels bernama Kajian Keluarga Islam. Channel Kajian Keluarga Islam menyajikan dakwah ustaz populer seperti Subhan Bawazier, Elvy Syam, Syafiq Riza Basalamah, hingga Firanda Adirja.

Channel Youtube Ammar TV lebih banyak mengunggah konten murottal atau membaca Alquran yang fokus pada dua hal, ketepatan bacaan dan nada-nada (lagu). Salah satu video terpopulernya adalah murottal surat Ar-Rahman dari Muzammil Hasballah dengan 40 juta kali ditonton.

Ammar TV menjadi satu diantara ratusan channel Youtube dakwah lain. Beberapa diantaranya sudah memiliki satu jutaan subscriber.

Khalid Basalamah Official (1,11 Juta Subscriber)

Channel ini menjadi channel Youtube dengan subscriber terbanyak yang memakai nama seorang tokoh. Channel ini menjadi populer lantaran konsistensi Ustaz Khalid Basalamah menceritakan sirah (kisah/sejarah) Nabi Muhammad Shalalahu ‘Alaihi Wasallam hingga para sahabat.

Khalid Basalamah Official adalah channel Youtube yang kontennya hampir seluruhnya adalah dakwah ustaz Khalid Basalamah.

Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. atau lebih dikenal Khalid Basalamah adalah seorang pendakwah Indonesia yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Khalid menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Madinah dan gelar masternya dia raih dari Universitas Muslim Indonesia Makassar. Sedangkan gelar doktornya diraihnya dari Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia.

Al-Bahjah (1,4 Juta Subscriber)

Al-Bahjah dikelola Majelis Al-Bahjah, Cirebon, asuhan K.H. Yahya Zainul Ma’arif atau lebih akrab disapa Buya Yahya.

Buya Yahya adalah seorang ‘alim yang karismatik dengan banyak pengikut. Pandangan-pandangannya tentang persoalan umat banyak dijadikan referensi.

Berkat Youtube, dakwah Buya Yahya menjadi begitu populer. Apalagi channel Al-Bahjah juga banyak mengunggah video yang memperlihatkan Buya Yahya menjawab masalah-masalah populer seperti Bitcoin, hubungan intim dengan video call, hukum onani, hingga cara move on dari mantan.

Yufid.TV (1,49 juta Subscriber)

Yufid.TV adalah channel dakwah yang lebih bervariasi. Umumnya channel ini menampilkan gaya hidup Rasululllah dengan kemasan yang sangat beragam.

Ada sketsa, ada rekaman ceramah, ada pula tutorial sederhana yang dikemas dalam video menarik.

Channel ini memiliki featured channel yang lebih banyak. Mulai dari Yufid Kids, yang mengemas dakwah untuk anak-anak hingga Yufid EDU dan channel Youtube berbahasa Arab.

Tafaqquh Video (1,65 juta Subscriber)

Jika Anda sekarang mengenal sosok fenomenal bernama Ustaz Abdul Somad, maka barangkali itu berkat Channel Youtube Tafaqquh video. Channel Tafaqquh Video merupakan official channel dari Tafaqquh Study Club, lembaga dakwah keilmuan di Pekanbaru, Riau.

Channel ini banyak memuat kajian di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru. Di tempat ini, Ustaz Abdul Somad, bersama Ustaz Musthafa Umar, banyak mengisi kajian termasuk kajian setelah salat subuh.

Sayangnya, channel ini sudah menghapus sebagian besar ceramah Ustaz Abdul Somad. Video-video Ustaz Somad kini punya channel Youtube pribadi bernama Ustadz Abdul Somad Official yang kini memiliki 286.043 subscriber

Lampu Islam (2,48 juta Subscriber)

Channel Lampu Islam sempat berulangkali trending pada masa netizen Indonesia dihebohkan dengan kemunculan Zakir Naik. Channel Youtube ini memperkenalkan diri sebagai official partner Peace TV milik Zakir Naik.

Channel Youtube ini banyak menampilkan perdebatan dan perbandingan Agama. Ada pula beberapa sketsa yang membahas tema-tema populer.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.