• Tue, 31 January 2023

Breaking News :

Rahasia Memasak Nasi Enak Mulai dari Mencuci Beras hingga Menanak

Nasi merupakan makanan pokok Indonesia. Bahkan ada anggapan yang menyebutkan perut belum kenyang jika belum diisi dengan nasi.

JEDA.ID- Memasak nasi mungkin menjadi hal sederhana bagi mereka yang sudah terbiasa. Namun bagi sebagian orang, memasak nasi bisa menjadi hal yang susah dilakukan.

Nasi merupakan makanan pokok Indonesia. Namun  Bahkan ada anggapan yang menyebutkan perut belum kenyang jika belum diisi dengan nasi. Nasi memang sumber karbohidrat tinggi yang menyuplai energi pada tubuh sehingga orang dapat beraktivitas dan juga berpikir.

Menariknya, meski terlihat gampang, tak semua orang bisa menanak nasi. Meski sudah mengikuti petunjuk pada kemasan beras bisa saja nasi terlalu lembek bahkan nyaris jadi bubur. Atau nasi terlalu pera bahkan masih keras bagian tengahnya. Bisa juga nasi terlihat kusam atau kotor karena kurang telaten saat membersihkan beras.

Mencuci beras sebelum memasaknya menjadi cara awal meningkatkan rasa nasi. Pada awalnya, air keran akan tampak keruh. Tapi warna air yang awalnya tampak seperti susu menjadi bening seperti kaca jendela dan inilah tanda pencucian selesai.

Selain soal rasa, alasan Anda perlu mencuci beras jelas demi kebersihan. Beras melewati banyak langkah dalam perjalanannya dari padi ke karung. Seiring waktu, ada kemungkinan beberapa kotoran dan debu ikut masuk. Jadi biarkan air keran Anda membersihkan beras Anda, membasuh semua kotoran.

Alasan kedua, menghidrasi beras. Saat biji-biji ini berada di dalam karung atau kantong, sifatnya sedikit kering. Membilas atau mencuci beras memungkinkan biji-biji mulai menyerap air.

Alasan ketiga pentingnya mencuci beras, untuk menghindari hal yang paling tak terduga, namun mungkin paling penting. Saat beras diproses dan dikirimkan, ada residu bertepung melapisi bagian luar setiap butir beras.

Lapisan halus ini terdiri atas serpihan-serpihan kecil beras yang sangat kecil. Saat Anda memasak nasi dengan residu ini, tekstur nasi nantinya akan agak lengket.

Kurangi Risiko Serangan Jantung, 5 Negara Paling Doyan Makanan Pedas

Metode Mencuci Beras

Pertama Anda bisa mencoba metode saringan. Gunakan saringan dengan jaring logam halus (satu yang cukup besar untuk nasi Anda). Kucurkan air hangat atau dingin di atas beras.

Jika sulit untuk mengukur kejernihan dalam air yang mengalir melalui jaring, coba masukan beberapa beras ke dalam gelas bening.

Cara kedua, metode mangkok yakni memasukkan beras ke dalam mangkuk dan menambahkan air secukupnya. Lalu taruh di tangan Anda dan balikkan beras. Buang air itu. Tambahkan air baru. Ulangi sampai beras bersih.

Di antara keduanya, metode ke dua, tampaknya lebih disukai kebanyakan orang karena menciptakan pengalaman sentuhan dan indera. Selain itu, seperti dilansir Antaranews dari Real Simple, Anda tampaknya bisa menggunakan lebih sedikit air, karena tidak terus-menerus membiarkan air mengalir dari keran.

Menanak Nasi

Cara memasak memang susah-susah gampang. Bahkan bagi seorang yang baru belajar, cara memasak nasi menjadi tantangan tersendiri. Padahal kalau dilihat langkah-langkahnya terlihat mudah karena hanya perlu beras, air, panci dan api.

Apalagi saat ini cara menanak nasi tak harus dengan cara tradisional yakni menggunakan dandang atau panci. Sejalan dengan perkembangan teknologi di jaman modern ini, menanak nasi bisa melalui alat menanak nasi khusus atau biasa disebut rice cooker.

Dilansir dari liputan6.com, Senin (13/4/2020),  untuk menghasilkan nasi pulen, ada beberapa tahapan cara memasak nasi yang harus diperhatikan.

Jadi Tempat Tinggal Nyaman Bagi Virus, Begini Cara Melindungi Hewan Peliharaan

Cara tradisional

Cara memasak nasi dengan tungku dan panci saat ini sudah jarang dilakukan, bahkan oleh warga yang tinggal di area perkotaan dengan aktivitas padat cara ini sudah lama ditinggalkan. Cara memasak ini memang memakan waktu. Namun, biasanya menghasilkan nasi yang panasnya akan terasa lebih lama dan aromanya pun lebih wangi.

Cara memasak nasi yang bagus, pilih beras berkualitas bagus juga. Setelah itu cuci beras hingga bersih, buang batu kecil, gabah atau kotoran lainnya yang terselip di antara bulir beras.

Sebelum ditanak, rendam dulu beras selama 30 menit. Metode ini konon sering digunakan oleh orang-orang Jepang saat akan menanak nasi.

Setelah beras bersih, masukan beras dan air bersih ke dalam panci hingga satu ruas jari telunjuk dan mulai ditanak dengan api sedang. Selama menanak nasi, beras harus rajin diaduk agar tidak berkerak di bagian dasar panci.

Proses pengadukan ini dilakukan mulai dari air masih dingin hingga mendidih dan meresap ke nasi hingga nasi pun matang. Jika hendak menanak nasi dengan panci kukus, caranya sedikit berbeda. Caranya, setelah nasi setengah matang, angkat panci dan ganti dengan panci kukus.

Masukkan air di bawah saringan yang terdapat dalam panci kukus. Pindahkan nasi tersebut dalam panci kukus. Lalu, kukus nasi sekitar 15 hingga 30 menit tergantung pada porsi nasi yang ditanak dan nasi pun siap disajikan.

Menggunakan Rice Cooker

Dengan alasan lebih praktis, menanak nasi menggunakan rice cooker menjadi pilihan banyak digunakan orang saat ini. Sama seperti cara memasak nasi dengan teknik tradisional, bersihkan beras terlebih dahulu. Masukkan beras yang sudah dibersihkan ke dalam rice cooker. Pastikan tinggi air satu ruas jari telunjuk.

Saat memasak beras dalam rice cooker, ada batas maksimal seberapa banyak beras dimasak. Garis ukur yang ada dalam panci rice cooker harus diperhatikan agar beras atau air meluap keluar dan nasi mengembang dengan baik.

Setelah memasukan air dan beras ke dalam rice cooker, nyalakan listrik dan tekan tanda memasak nasi. Tunggu beberapa saat, biasanya akan ada bunyi atau asap keluar di lubang khusus di bagian atas rice cooker sebagai penanda nasi telah matang.

Gejala-Gejala Tak Biasa hingga Risiko Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19

Perhatikan Takaran Air

Cara memasak nasi agar menghasilkan nasi pulen, takaran air sangat penting. Saat memasak beras, rasio atau perbandingan air dan beras sangat penting. Banyak orang yang salah kaprah pada hal ini. Untuk beras putih, campurkan 1 gelas beras dengan satu setengah gelas air.

Gunakan gelas ukur untuk hasil yang baik. Untuk beras merah, rasionya 2 : 1. Jadi dua gelas air (atau kaldu) untuk satu gelas beras. Sedangkan untuk beras yang belum disosoh membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak dan menyerap air. Oleh karena itu memerlukan rasio tiga gelas air untuk satu gelas beras.

Hasil akan terlihat jelas jika salah dalam menakar air saat akan menanak nasi. Jika menuangkan air lebih dari satu ruas jari telunjuk, nasi pun akan menjadi lembek. Bahkan jika terlalu berlebihan, lembeknya akan mirip nasi bubur.

Namun, jika tinggi air kurang dari satu ruas jari telunjuk, nasi pun akan menjadi ‘setengah matang’ atau sering disebut sebagai nasi pera. Saat dimakan, tekstur beras masih ada sehingga terasa keras.

Selain itu, ada cara memasak yang sederhana agar nasi tetap pulen saat disantap, walau telah beberapa lama disimpan dalam metode hangat rice cooker. Warna nasi juga tidak berubah jadi kuning.

Setelah nasi matang, matikan rice cooker dengan mencabut kabel dari sumber listrik. Diamkan selama 20 menit, lalu aduk sedikit nasi yang baru matang ini. Trik ini dilakukan agar nasi tetap pulen. Setelah itu, baru nyalakan rice cooker lagi dan simpan nasi dalam keadaan hangat. Nah, itu tadi cara memasak nasi yang pulen dengan menggunakan panci ataupun rice cooker. Selamat mencoba.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.