• Thu, 9 February 2023

Breaking News :

Mengungkap Khasiat Air Kelapa Jika Diminum Selama 7 Hari

Minum air kelapa selama tujuh hari berturut-turut disebut memiliki daya detoksi yang baik untuk kesehatan.

JEDA.ID – Selain sebagai penawar dahaga, minum air kelapa juga memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan meminum air kelapa selama tujuh hari berturut-turut, manfaat air kelapa disebut lebih dari itu.

Menurut penelitian air kelapa memiliki daya detoksi yang baik untuk kesehatan jika diminum secara rutin. Nah berikut ini beberapa khasiat air kelapa jika diminum secara rutin selama tujuh hari bertutut-turut dirangkum dari berbagai sumber:

Komik Album Versi Indonesia Berakhir, Ini Kisah Panjang Donald Bebek

Mencegah Jerawat, Kulit Kering atau Berminyak

Air kelapa merupakan minuman yang sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Melansir Liputan 6 dari brightside.me, Senin (22/6/2020) secara bersamaan air kelapa juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. Caranya, basahi kapas atau kain dengan air kelapa dan letakkan pada wajah.

Cara tersebut terbukti ampun untuk mencegah jerawat dan mengatasi masalah kulit kering dan berminyak. Ini karena kulit akan terbebas dari racun dan kotoran sehingga menjadikannya lebih bersih, segar, dan pori-pori akan terbuka.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air kelapa merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat. Air kelapa merupakan minuman rendah lemak yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa mengganti pil pelangsing tubuh dengan air kelapa murni tanpa campuran gula untuk membantu menurunkan berat badan.

Menstabilkan Tekanan Darah

Dengan minum secangkir air kelapa selama tujuh hari berturut-turut, Anda dapat menyeimbangkan elektrolit. Sehingga terlepas dari tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa bisa menurunkan tekanan sistolik sebesar 71 persen dan tekanan diastolik turun sebanyak 29 persen.

Menguatkan Sistem Imun

Air kelapa mengandung vitamin seperti riboflavin, niasin, tiamin dan piridoksin, serta folat. Kandungan tersebut membuat air kelapa baik dikonumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kelapa juga memiliki kemampuan menghilangkan bakteri pada tubuh yang menyebabkan penyakit gusi dan infeksi saluran pencernaan. Air kelapa juga dipercaya mampu melawan virus yang menyebabkan demam, tifus, dan infeksi.

Punya 65 Juta Followers, Ini 8 Fakta Tentang Ratu Tiktor Charli D’Amelio

Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh Anda. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa sangatlah tinggi. Kandungan elektrolit tersebut mampu menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Menjaga Elastisitas Kulit

Air kelapa mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas. Dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Air kelapa juga bisa dijadikan alternatif untuk mencukupi asupan vitamin C apabila Anda tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

Mengatasi Masalah Asam Lambung

Selain baik untuk detoksasi, air kelapa juga terkenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Menyadur Healthyfoodteam.com, serat yang terkandung dalam air kelapa sangat baik bagi sistem pencernaan, terlebih lambung. Dengan minum air kelapa secara rutin akan membantu mengeliminasi asam lambung Anda.

Membersihkan Pencernaan

Campuran air kelapa dengan minyak zaitun mampu membersihkan pencernaan dan menghilangkan parasit usus. Ini karena kandungan asam laurat yang terkandung di dalam air kelapa mempunyai komponen antikuman. Ketika asam laurat masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubah asam laurat ke dalam bentuk monolaurin atau sebuah komponen yang mempunyai kemampuan melawan infeksi.

Jadi, apabila Anda mengalami infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit, mengonsumsi air kelapa dapat membantu menghilangkan infeksi tersebut.

Dipercaya Bisa Memecah Batu Ginjal

Air kelapa bertindak sebagai diuretik alami sehingga mampu mengobati orang yang memiliki penyakit ginjal. Ini akan membantu membersihkan saluran kemih dan saluran kandung kemih. Karena bersifat detoksi, air kelapa juga dapat menghilangkan racun dan membantu memecah batu ginjal.

Mengatasi Masalah Kehamilan

Para ahli mengklaim bahwa air kelapa juga mampu memberikan nutrisi bagi ibu hamil. Melansir dari salah satu sumber, senyawa air kelapa dapat membantu perkembangan janin secara efisien. Air kelapa yang dikonsumsi sepanjang kehamilan, terutama pada trimester ketiga dapat meningkatan kadar cairan ketuban.

Tentu kondisi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan volume dan sirkulasi darah. Sehingga janin tidak kekurangan nutrisi dan oksigen.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.