Membandingkan Realme X2 Pro vs Smartphone Tercanggih Samsung

Secara teknis Realme X2 Pro tak berbeda jauh dengan Samsung Galaxy Note 10+.

JEDA.ID – Realme akhirnya berani bertarung di segmen smartphone flagship dengan meluncurkan Realme X2 Pro untuk pasar Indonesia. Smartphone yang dihargai Rp7 jutaan ini digadang-gadang bersaing dengan smartphone flagship merek-merek top dunia.

Realme X2 Pro menawarkan performa kelas atas dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 plus yang didukung teknologi 5G, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Clockspeed maksimal chipset ditingkatkan menjadi 2.,96 GHz yang tentu saja bakal lancar memainkan game-game berat.

Smartphone juga dibekali layar dengan resolusi 1.080 x 2.400 pixel, aspek rasio 20:9dan didukung refresh rate 90 Hz. Di kelas flagship tidak semua smartphone memiliki refresh rate hingga 90 hz. Beberapa smartphone punya refresh rate tertinggi di 60 Hz saja.

Sejumlah Youtuber teknologi menyambut antusias peluncuran Realme X2 Pro di Indonesia. Jagat Reviews misalnya, yang menyebut kemungkinan Realme X2 Pro sebagai smartphone terbaik 2019.

“Realme X2 Pro menawarkan sebuah pengalaman Flagship, tapi dengan harga yang lebih terjangkau,” tulis Jagat Reviews di keterangan video ulasan gadget ini.

David Brendi, Gadgetin, mewanti-wanti merek lain agar berhati-hati dengan gebrakan Realme ini. “Ini hape gila sih. sekarang Realme kelihatan pengin mencaplok semua level pasar,” kata David. “Dengan hape ini peluang untuk bersaing di pasar smartphone kelas atas itu gede banget.”

Maka tak berlebihan jika smartphone ini bakal disandingan dengan flagship Samsung Galaxy Note 10+ yang sudah lebih dulu hadir. Seri Galaxy Note sering dianggap sebagai flagship tercanggih Samsung. Spek yang ditawarkan selalu yang paling canggih, tak terkecuali Galaxy Note 10+ ini.

Perbandingan

Galaxy Note 10+ yang rilis Indonesia Agustus 2019 akan ditenagai oleh prosesor Exynos 9825 dengan pabrikasi 7nm. Prosesor ini dijanjikan lebih hemat daya CPU sebesar 33 persen dan GPU 42 persen.

Namun, jika dibandingkan clockspeed Galaxy Note 10+ ada di angka 2,73 GHz atau masih di bawah Realme X2 Pro. Galaxy Note juga masih dibekali refresh rate 60 Hz atau di bawah Realme X2 Pro.

Samsung Galaxy Note 10+ unggul di baterai dengan kapasitas 4.300 mAh, sedangkan Realme X2 pro hanya 4.000 mAh. Meski begitu, keduanya dibekali teknologi fast charging yang cukup mumpuni.

Namun, klaim Realme lebih fantastis. Realme X2 Pro bisa melakukan pengisian daya 100% hanya dalam waktu 35 menit dengan charger 50w.

Perbedaan lain yang cukup terasa adalah perekaman videonya. Samsung Galaxy Note 10+ tentu lebih unggul dengan kualitas perekaman yang kompatibel 1440p atau QHD sedangkan Realme X2 Pro mentok di 1080p FHD.

Untuk kamera, Galaxy Note dibekali 4 kamera belakang dengan resolusi 12 MP f/1.5-f/1.8 (Wide Angle) 12 MP f/2.1 (Telephoto) 16 MP f/2.2 (Ultra Wide) TOF 3D VGA Camera dengan auto-fokus. X2 Pro juga empat kamera belakang 64 MP f/1.8 (Wide Angle) 13 MP f/2.5 (Telephoto) 8 MP f/2.2 (Wide Angle) 2 MP f/2.4 (Portrait ) dengan auto-fokus.

Kamera Galaxy Note 10+ dibekali fitur Auto-HDR dan Panorama sedangkan X2 Pro dengan 20 kali zoom hybrid, HDR dan Panorama.

Secara teknis spesifikasi keduanya tak berbeda jauh, namun hasil akhir jepretan kedua kamera smartphone belum bisa diukur secara. Kamera Galaxy Note 10+ mendapat nilai sangat baik di benchmark DxOMark sedangkan X2 Pro belum memiliki skor DxOMark.

Sedangkan untuk kamera depan, Galaxy Note 10+ lebih unggul dengan teknologi kamera wide angle resolusi 10 Mp. X2 Pro memakai kamera depan 16 Mp standar.

Spek Lain

Keunggulan lain dari Galaxy Note 10+ adalah sudah mengantongi sertifikat IP68 atau masuk jajaran smartphone tahan air dan debu. X2 Pro belum memiliki sertifikat tahan air dan debu.

X2 Pro tidak memiliki dukungan penambahan kapasitas memori. Sedangkan Galaxy Note 10+ bisa menambahkan dukungan kartu penyimpanan hingga 1 terabita.

Secara dimensi, X2 Pro lebih kecil dengan 161 x 75.7 x 8.7 mm. Namun, Galaxy Note 10+ dengan dimensi 162.3 x 77.2 x 7.9 mm justru lebih ringan secara bobot.

Jika Anda masih ingin memakai headphone jack, maka X2 Pro masih menyediakan port-nya. Galaxy Note 10+ memakai kabel USB tipe C untuk koneksi headphone.

Keunggulan lain dari Galaxy Note 10+ adalah ekosistem Samsung yang jauh lebih kaya. Smartphone ini mendukung wireless charging dan akan dengan mudah terkoneksi gadget Samsung lain.

Soal harga, tak diragukan lagi Realme X2 Pro jelas lebih murah. Smartphone ini dibanderol harga Rp7,8 juta. Sedangkan Samsung Galaxy Note 10+ dihargai paling mahal Rp18,5 juta.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.