Jangan Galau! Alternatif Berikut Bisa DiLakukan Jika Tidak Lolos SBMPTN

Tidak sedikit peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus menelan pahitnya pil kekecewaan karena tidak lolos seleksi.

JEDA.ID – Tidak sedikit peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus menelan pahitnya pil kekecewaan karena tidak lolos seleksi.

Apakah ini akhir dari perjuangan Anda? Tentu saja Tidak. Oleh karena itu Anda harus membuang rasa kecewa dan kesedihan tersbut jauh-jauh.

Jangan galau, tidak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya hlo! Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan. Ada banyak alternatif lain yang harus Anda coba.

Namun jangan sampai salah, untuk memilih alternatif, pastikan keputusan itu Anda pilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru dan senior yang sudah berkuliah atau bekerja.

Nah, berikut beberapa pilihan yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN dilansir dari berbagai sumber Sabtu, (15/8/2020).

Menguak Misteri Sundaland, Benua yang Tenggelam di Indonesia

1. Mengikuti Ujian Mandiri

Kalau Anda kukuh ingin berkuliah di PTN favoritmu, pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan di laman media sosial official kampus favoritmu atau bisa langsung di web universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

2. Mendaftar di Universitas Swasta

Saat ini kuliah di PTN bukan segalanya, Anda bisa mempertimbangkan juga perguruan tinggi swasta. Banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya.

Kalau Anda mau lanjut ke PTS, yang perlu Anda lakukan adalah pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Tak semua perguruan tinggi swasta juga menerapkan biaya yang mahal.

3. Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Yang bisa Anda pertimbangkan selain ikut seleksi mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4.

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

4. Mengikuti Kursus Bahasa

Untuk Anda yang masih bersih kukuh harus mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan pilihan prodi yang Anda pilih dan Anda lebih siap untuk mengikuti SBMPTN di tahun depan, itu berarti Anda harus siap menganggur selama setahun lamanya.

Namun, agar Anda tidak menganggur tulen selama setahun tersebut, mungkin Anda bisa mengikuti kursus bahasa yang ada di kotamu. Nantinya dengan mengikuti kursus ini, Anda akan lebih siap dan matang dalam mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya. Apalagi Anda sudah memiliki pengalaman dengan soal-soal di tahun sebelumnya. Oh ya, Anda juga bisa mendapat beasiswa ke luar negeri karena modal bahasa asing yang Anda miliki hlo!

5. Bekerja Freelance

Nah bagi Anda yang menjadikan SBMPTN sebagai tahap akhir karena mungkin keterbatasan finansial dan sebagainya, tidak masalah. Dengan hobi, skill, serta minat, kalian pun bisa bekerja secara freelance untuk menghasilkan pundi-pundi yang bisa kalian jadikan modal biaya kuliah di tahun selanjutnya.

6. Menjadi Entrepreneur

Bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN? Anda bisa kok sekalian usaha atau jualan, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti. Dengan berusaha, Anda juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak Anda ketahui sekaligus menambah pengalamanmu.

7. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Dan hal terakhir yang bisa Anda lakukan ketika gagal dalam SBMPTN tahun ini adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Pilihan ini dapat diambil oleh kalian yang tetap ngotot ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pilihan jurusan yang sama pula dengan tahun dimana Anda gagal.

Dengan memilih mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya, itu berarti Anda harus belajar lebih giat lagi serta mempersiapkan mental dan fisik secara baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya.

Kegagalan di SBMPTN tahun ini dapat menjadi pengalaman untuk mengetahui trik dan taktik yang tepat saat ujian seleksi, sekaligus mengasah mental.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.