Tak Berkategori

Inilah 5 Aturan Makan yang Unik Di Sejumlah Negara Di Dunia

Saat berkunjung, tentunya kita harus menghormati budaya atau aturan yang ada di setiap negara.

JEDA.ID—Tiap negara pasti memiliki budaya dan aturan masing-masing,  termasuk aturan makan dan minum. Nah sebaiknya kita mengetahui aturan makan di setiap negara itu supaya bisa mengikutinya saat berkunjung ke negara itu.

Saat traveling, tentunya kita harus menghormati budaya atau aturan yang ada di setiap negara. Salah satunya yang paling sederhana adalah aturan dan cara makan. Cara makan di setiap negara ternyata berbeda-beda, loh.

Seperti apa sih cara makan yang unik dari lima negara ini? Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (4/1/2021), berikut ini adalah aturan makan yang unik di sejumlah negara di dunia.

Fakta Seputar Airbag yang Jarang Diketahui

1. Jangan Gunakan Garpu di Thailand

Selama ini orang Indonesia bisa makan menggunakan sendok dan garpu. Namun di Thailand, garpu hanya digunakan sebagai pengatur makanan di piring. Apabila Anda ingin memasukan makanan ke dalam mulut bisa gunakan sendok atau sumpit. Sebab, garpu bukan alat utama.

2. Jangan Tancapkan Sumpit di Piring Berisi Nasi

Di Jepang masyarakatnya menggunakan sumpit sebagai alat makan. Namun, bukan asal makan. Mereka juga memiliki aturan yang sudah lama dianggap sebagai sebuah tradisi. Pantangannya adalah menancapkan sumpit di mangkuk nasi saat sedang makan.

Masalahnya, sumpit yang ditancapkan di mangkuk dengan berisi nasi biasanya ada di pemakaman. Sehingga cara semacam ini tidak diperbolehkan dilakukan saat sedang makan. Lebih baik letakkan sumpit di meja atau atas mangkok tersebut.

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan di Timur Tengah, India dan Beberapa Negara Afrika

Tradisi makan dengan menggunakan tangan kanan (tanpa alat bantu) di Indonesia juga ada di sejumlah negara. Negara tersebut meliputi sejumlah kawasan di Timur Tengah, India dan negara Asia lainnya.

Dilarang Makan Jengkol Sebelum Pakai GeNose, Simak Penjelasannya

Di India Selatan, Anda sama sekali tak boleh menyentuh makanan dengan tangan kiri. Bahkan Anda tak boleh menyentuh piring yang berisi makanan dengan tangan kiri.

4. Jangan Makan Roti Sebagai Appetizer di Prancis

Apabila Anda ke Eropa, tepatnya Prancis maka ada sebuah aturan yang perlu Anda ketahui. Saat makan di Prancis, jangan sekali-kali memakan roti sebagai makanan pembuka.

Roti yang tersedia di sana, bisa disantap dengan menggunakan menu utama. Jika tidak ingin memakannya, Anda bisa menaruhnya begitu saja di meja.

5. Jangan Membalik Ikan di China

Lazimnya, saat kita makan ikan maka akan ada dua bagian (sisi) yang dagingnya bisa dikonsumsi. Namun jangan melakukan hal itu saat sedang makan di China dan Hong Kong. Sebab, membalik ikan diyakini membawa nasib buruk, Hal ini disebut sebagai Dao Yue. Oleh karenanya ada kebiasaan filled daging ikan sehingga tak perlu dibalik.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.