Indah dan Berkilau, Ini Sederet Batu Permata dengan Harga Selangit

Beberapa orang rela mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk menambah koleksinya. Ini sepadan dengan tampilan batu permata yang mewah dan keberadaanya yang langka.

JEDA.ID – Batu permata atau kristal selalu menjadi barang yang terkenal akan keindahannya. Banyak orang berduit bahkan rela mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk menambah koleksinya.

Ini sepadan dengan tampilan batu permata yang mewah dan keberadaanya yang langka. Selain itu, tak sembarang batu bisa disebut permata. Hanya yang memenuhi syarat seperti memiliki ketahanan, keindahan, dan kelangkaan saja.

Selain menjadi pelengkap perhiasan dan aksesoris, batu permata dulunya pernah disembah karena dianggap memiliki kekuatan misterius. Saat ini batu permata terus mengalami kenaikan harga karena mengalami kelangkaan. Nah berdasarkan harganya, berikut sederet batu permata yang memiliki harga selangit:

Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Kenali Akun Online Shop Palsu

Blue diamond

Semakin langka, makin mahal pula harganya. Itulah yang dialami permata jenis blue diamond. Melansir dari The Richest, Kamis (4/6/2020) selain langka batu mulia ini memiliki sejarah dan cerita rakyat yang turun temurun. Tercatat permata jenis ini kali pertama ditemukan di Golconda, India dan dibuat menjadi sebuah perhiasan bernama Hope Diamond dengan berat 45.52 karat.

Salah satu berlian biru lainnya yang paling terkenal adalah Oppenheimer Blue yang memiliki berat 14.62 karat. Satu Oppenheimer Blue Diamond mampu menghasilkan US$ 58 juta dalam pelelangan dan memegang rekor sebagai berlian paling mahal yang pernah dijual.

Jedeite

Jedeite. (Okezone)

Jedeite. (Okezone)

Seperti namanya, Jadeite merupakan salah satu batu permata dari keluarga Jade. Batu ini tersedia dalam beberapa warna, mulai dari merah hingga hitam. Tapi yang berwarna hijau paling umum dikenal. Salah satu batu hijau zamrud semi transparan bernama Imperial Jade paling menonjol dalam budaya China.

Misalnya saja sebuah kalung yang berisi 27 manik-manik jadeite dijual ke Cartier (produsen perhiasan dan jam mewah di Prancis) dengan harga USD27,44 juta atau sekitar 42,3 triliun.

Pink diamond

Pink Diamond (istimewa)

Pink Diamond (istimewa)

Melansir dari Detik.com, salah satu batu permata berwarna pink bernama Pink Star telah berhasil dijual seharga lebih dari USD70 juta atau sekitar Rp16,8 miliar dalam pelelangan di Hong Kong. Umumnya hanya ada satu berlian merah muda yang telah dianggap benar-benar sempurna. Salah satu bukti kelangkanya tersebut dari 66 berlian berukuran besar yang ada di dunia, hanya satu yang berwarna pink.

Ruby

Ruby (Hacker noon)

Ruby (Hacker noon)

Batu rubi merupakan jenis permata yang sangat populer dan tersedia dalam berbagai warna mulai dari merah muda hingga merah tua. Melansir dari Okezone, orang-orang kuno tertarik pada warna dan percaya batu ini mewakili darah dan memiliki sifat mistis. Rubi diperkirakan bernilai USD 1,18 juta atau sekitar Rp16,65 miliar perkaratnya.

Red diamond

Red diamond. (Geology in)

Red diamond. (Geology in)

Red diamond memiliki harga yang tak kalah fantastis, yakni Rp14.394.300.000, per karatnya. Selain itu, di dunia ini hanya terdapat 30 berlian merah yang rata-rata memiliki berat 0.5 karat. Melansir dari salah satu sumber, pada 2011 sebuah berlian merah bernama Moussaieff Red Diamond seberat 5.11 karat dinyatakan sebagai berlian merah terberat di dunia dan dijual seharga US$8 juta.

Taaffeite

Taaffeite. (Joya life)

Taaffeite. (Joya life)

Kali pertama ditemukan oleh Richard Taaffe pada tahun 1945 di Dublin, Irlandia, Taaffeite menjadi salah satu permata termahal di dunia seharga Rp503.800.000 per karatnya.

Permata ini dapat ditemukan dalam berbagai warna, mulai dari bening, coklat, keunguan, hijau, biru, dan merah. Pada tahun 1999, ditemukan taaffeite terberat di dunia yaitu sebesar 33 karat dan laku terjual dalam sebuah pelelangan di Hong Kong.

Cara Mengetahui dan Memanfaatkan Kembali Kosmetik Kedaluwarsa

Alexandrite

Alexandrite. (Amazon)

Alexandrite. (Amazon)

Permata seharga Rp172.700.000 per karat ini kali pertama ditemukan di pegunungan Ural, Rusia pada tahun 1830. Harganya yang cukup mahal ini karena alexandrite memiliki keistimewaan yaitu mampu berubah warna sesuai cahaya yang diterimanya.

Jika terpapar cahaya, maka batu kristal ini akan berwarna hijau seperti zamrud. Namun di kegelapan, alexandrite akan berubah warna menjadi merah selayaknya batu rubi. Keunikan ini disebabkan karena gabungan dari kromiun, besi, dan titanium yang terkandung di dalamnya.

Red Beryl

Red Beryl. (Geology In)

Red Beryl. (Geology In)

Sangat sulit untuk menemukan red beryl di atas dua hingga tiga karat. Alhasil karena kelangkaannya tersebut, batu permata ini berharga senilai Rp143.900.000 per karatnya.

Melansir dari salah satu sumber, red beryl umumnya ditemukan di Utah, AS, tepatnya di Wildhorse Springs, Topaz Valley, dan Starvation Canyon. Sesuai dengan namanya, batu permata ini memiliki warna merah menyala, bahkan mampu mempertahankan warnanya hingga suhu 1000 derajat celcius.

Padparadscha sapphire

Menjadi salah satu batu permata terindah sekaligus terlangka berikutnya, safir jenis ini memiliki potongan yang kurang simetris.

Nama padparadscha sapphire berasal dari nama warna bunga teratai dalam bahasa Sansekerta, yang berarti campuran antara pink dan jingga. Jika dirupiahkan, maka batu permata yang biasanya ditemukan di Sri Lanka ini bernilai sekitra Rp115.000.000, per karatnya.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.