Disebut Buah Surga, Ini Sederet Manfaat Buah Malaka

Bermacam buah disebut baik untuk kesehatan dan meningatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya buah malaka.

JEDA.ID– Bermacam buah disebut baik untuk kesehatan dan meningatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya buah malaka.

Buah Malaka memiliki beragam nama di Indonesia. Ada yang menyebutnya Melaka, Amla, Nilika, Balaka, atau Mlakah. Sementara di Eropa dan Amerika Serikat, buah ini sering disebut dengan gooseberry atau buah semak.

Bentuk buah ini hampir mirip dengan buah cermai, hanya bentuknya lebih bulat dan besar. Warna buahnya juga beragam, ada yang berwarna hijau kekuningan hingga merah kecoklatan. Rasa buah malaka masam dan agak pahit.

Walau rasanya banyak tak disukai orang, buah malaka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, lemak, karbo, serat, berbagai jenis vitamin, mangan hingga potassium.

Buah malaka juga dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti kita tahu kekebalan tubuh sangat penting untuk menangkal virus di tengah pandemi Covid-19.

Berikut alasan mengapa buah malaka baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan manfaat lain dikutip dari timesofindia.com dan berbagai sumber lain, Senin (25/5/2020):

Tiga Tanaman Ini Berpotensi Tangkal Virus Corona Menurut LIPI

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah malaka memiliki kromium yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jantung adalah organ vital lain yang dapat terkena virus corona. Jadi, yang terbaik adalah melakukan diet jantung-sehat.

Manfaat buah malaka yang dikonsumsi secara rutin, akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan kalium dalam buah malaka berperan penting bagi kesehatan jantung, dengan antioksidan yang mampu mencegah oksidasi terhadap kolesterol LDL, jenis kolesterol yang buruk.

Selain itu, kandungan fitonutrien seperti flavonol dan antosianin dalam buah malaka juga mampu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Ada juga kalium yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehataan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah agar teratur.

2. Kaya antioksidan

Malaka memiliki berbagai antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, dengan demikian menyelamatkan Anda dari banyak penyakit.

3. Membantu membakar lemak

Manfaat buah malaka yang lain ialah membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Dalam secangkir buah malaka, tubuh kita mendapatkan asupan tambahan 3 persen kalori.

Kandungan serat dalam buah malaka yang tinggi mampu membantu memperlancar pergerakan makanan di usus, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan rasa kenyang. Sangat cocok dimakan saat diet.

Obesitas dikaitkan dengan tidak hanya satu penyakit, melainkan banyak penyakit termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Buah malaka dapat membantu mencapai indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dengan membantu penurunan berat badan.Serat malaka membuat perut berisi lebih lama, dan meningkatkan pencernaan.

4. Membantu meredakan gejala pilek dan batuk

Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan karenanya penting untuk memperkuat sistem pernapasan.

Buah malaka telah lama digunakan untuk meredakan gejala batuk dan pilek, yang sering menyebabkan dada tersumbat. Vitamin C dalam malaka juga meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Sejak zaman dahulu, sudah banyak yang mengonsumsi buah malaka dan percaya kalau buah malaka mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan serat yang tinggi pada buah malaka mampu membantu mengontrol gula.

Serat yang tinggi, dapat memperlambat penyerapa gula ke dalam aliran darah, dan mencegah terjadinya lonjakan aliran darah. Tidak hanya itu saja yang bermanfaat, ekstrak buah malaka juga mampu mengikat enzim khusus dalam usus kecil dan mencegahnya memindahkan gula dari usus ke aliran darah.

Walaupun kebenaran ini belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah, buah malaka juga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat, dan mampu membantu mengurangi kadar gula dari konsumsi tepung yang berlebihan.

6. Melindungi Otak

Manfaat buah malaka selanjutnya ialah mampu melindungi otak dari penyakit otak degeneratif tertentu yang berkaitan dengan zat besi yang ada dalam sel otak. Kadar zat besi yang tinggi, dapat memicu pembentukan radikal bebas yang nantinya akan merusak sel-sel tubuh, terutama sel dalam otak yang sudah mengandung zat besi yang tinggi.

Buah malaka menjadi sumber alami asam organik, seperti asam sitrat yang mampu menghambat akumulasi zat besi dalam sel dan terbukti mampu mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan stroke.

Kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam buah malaka juga bermanfaat untuk melindungi otak, dengan meningkatkan usia otak dan mengurangi risiko stroke. Walau begitu belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat buah malaka yang satu ini.

7. Mengandung Zat Antikanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia dan memiliki banyak jenis yang dapat menyerang hampir di seluruh organ atau bagian tubuh manusia. Berita baiknya, buah malaka mengandung zat anti kanker yang mampu mencegah kehadiran sel kanker dalam tubuh.

Beberapa zat anti kanker yang terkandung dalam buah malaka, seperti folat, senyawa fenolik, dan vitamin C dan E, berperan penting dalam pencegahan kanker. Nutrisi tersebut mampu mengurangi, menangkal, dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh peradangan penyebab kanker.

8. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya antioksidan saja, buah malaka juga menghasilkan fitonutrien, yang mempu melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, dan serangga. Fitonutrien yang terkandung di antaranya, flavonol, antosianin, dan asam aromatik.

9. Mengurangi Jerawat dan Ketombe

Buah malaka juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mendetoksifikasi dan bahkan mengurangi jerawat dan ketombe.

Makanan yang Aman dan Kurang Aman Bagi Penderita Maag saat Lebaran

Cara Mengonsumsi

Malaka mudah tersedia di pasar dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda bisa mendapatkan selai buah malaka atau yang sudah dikeringkan, bahkan di pasar.

Anda dapat membuat acar dari buah malaka di rumah. Jika Anda suka makanan yang rasanya kecut, Anda bisa makan buah malaka dengan sedikit garam.

Selain itu buah malaka juga bisa diolah menjadi jus, manisan dan juga makanan ringan dodol.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.