Bunda, Ini 10 Mainan Edukasi Anak Usia 4-6 Tahun

Para ibu yang memiliki anak balita mungkin bingung mencari mainan yang tepat bagi si buah hati. Maianan sebaiknya sekaligus bisa mengedukasi anak.

JEDA.ID—Para ibu yang memiliki anak balita mungkin bingung mencari mainan yang tepat bagi si buah hati. Inginnya memberi mainan yang bagus sekaligus bisa mengedukasi, bukan?

Mainan dan kegiatan bermain adalah bagian dari kehidupan anak, terutama bagi anak usia 4-6 tahun, mereka masih gemar untuk bermain setiap saat.

Tetapi, kegiatan bermain mereka juga harus dapat melatih motorik kasar dan halu serta mengembangkan kreativitas, imajinasi, kemampuan bicara, bersosialisasi, memecahkan masalah, menambah kosakata baru, dan lainnya.

Peran orang tua dalam hal bermain juga diperlukan, orang tua harus pandai memilih permainan yang dapat memberikan edukasi bagi sang buah hati. Berikut 10 mainan edukasi anak dengan usia 4-6 tahun dilansir oleh rumah.com dan sumber lain, Selasa (4/8/2020).

Bukan Operasi, 8 Rahasia Kulit Mulus Perempuan Korea yang Bisa Ditiru

1. Puzzle

Puzzle sendiri memiliki banyak varian, mulai dari puzzle standar hingga puzzle 3D. Orang tua harus pandai memilih jenis puzzle yang sesuai dengan usia dan minat anak. Bagi anak usia 5-6 tahun, pilihlah edukasi puzzle rakit yang bisa dibuat bersama dengan orang tua.

2. Block

Pilihlah mega block atau lego yang dapat membentuk bangunan, binatang, mobil-mobilan, robot, serta pola lain yang merupakan kesukaan anak Anda.

3. Bricks

Dalam melatih logika anak, orang tua dapat memberikan mainan edukasi bricks kepada buah hati mereka. Permainan ini mampu melatih logika, kreativitas, imajinasi, serta koordinasi mata dan tangan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan baterai yang mampu membuat gear bergerak atau berputar supaya anak akan tahan bermain lama dengan bricks ini setelah berhasil menyusun setiap bagiannya.

4. Stiker mosaik

Mainan ini dapat membantu melatih motorik halus anak dan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna dan angka. Karena biasanya anak akan diminta untuk menempelkan sticker kecil sesuai warna dan angka. Mainan ini juga sangat terjangkau hlo.

5. Peralatan dokter

Permainan ini, adalah permainan yang bertujuan untuk memperkenalkan profesi kepada anak. Permainan profesi ini dapat membantuk anak untuk mengembangkan imajinasi, kemampuan komunikasi, pengenalan nama alat sesuai profesi, dan memperkenalkan anak kepada beragam profesi yang dapat ia jadikan pilihan di masa mendatang.

6. Alat musik kayu

Permainan ini adalah mainan edukasi yang mampu melatih jiwa seni pada anak. Biasanya alat musik yang digunakan adalah alat musik kolintang yang terbuat dari kayu atau plastik dengan warna pelangi.

Ramai-Ramai Membantah Klaim Hadi Pranoto Soal Obat Covid-19

7. Magnet huruf dan angka

Mainan edukasi satu ini dapat membantu anak untuk mengenal huruf, angka, serta belajar berhitung dan membaca dengan cara yang menyenangkan.

8. DIY robot

Mainan edukasi DIY ( do-it-yourself) bertujuan untuk membuat robot dan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan imajinasi dan merakit terhadap anak. Biasanya mainan ini dijual dalam bentuk satu paket dan dilengkapi dengan buku petunjuk perakitan yang sederhana berdasarkan usia anak.

9. Basket mini

Selain untuk bermain, mainan edukasi ini dapat membuat anak melakukan aktivitas olahraga sekaligus. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi otak, tangan dan kaki, melatih kesimbangan tubuh, motorik kasar, dan melatih aspek sosial saat bermain dengan teman sebaya.

10. Wire game

Mainan ini diciptakan dengan tujuan melatih kesabaran dan motorik halus hingga membantu anak mengenal bentuk dan warna. Untuk anak usia 4 tahun ke atas, mainan ini cukup efektif dalam melatih kecepatan berpikir dan memecahkan masalah. Jangan lupa untuk memilih wire game dengan jumlah line yang sesuai dengan kemampuan anak.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.