Bikin Heboh Netizen, Ini Fakta Triggerfish Ikan Bermulut Manusia

Baru-baru ini media sosial netizen dibuat heboh oleh salah satu tweet yang menggunggah ikan bermulut mirip bibir manusia.

JEDA.ID — Baru-baru ini media sosial netizen dibuat heboh oleh salah satu tweet yang menggunggah ikan bermulut mirip bibir manusia.

Setelah diungkap, ikan bermulut seperti manusia itu merupakan triggerfish.

Sepertinya tidak hanya Kylie Jenner loh yang memopulerkan bibir tebal, bahkan ada juga hewan laut yang memamerkan bibir seksinya. Enggak percaya?

Pada Juli lalu, pengguna Twitter @raff_nasir mengunggah foto seekor ikan yang memiliki bibir bulat serta gigi putih.mulutnya terbuka bak model majalah.

“Bibir dia lagi seksi dari aku,” tulisnya.

Unggahan tersebut setidaknya sudah di –retweet sebanyak 8.300 kali dan disukai sebanyak 14.000 orang.

Meskipun penemuan tersebut menghebohkan, ternyata triggerfish bukan satu-satunya ikan yang bermulut dan bergigi mirip manusia.

Seorang guru sekolah di Papua Barat sempat  membuat penduduk desa tercengang, lantaran menangkap ikan bergigi mirip manusia. Ikan itu ditemukan di Kimidores, Papua Barat, dan diyakini berjenis ikan kaisar.

Selain itu menurut The New York Post, ikan sejenis sempat juga ditemukan di salah satu pantai di California, AS pada Desember 2019.

Untuk mengetahui lebih jauh soal ikan bermulut seksi seperti bibir manusia, yuk simak fakta triggerfish berikut yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber.

Pekan ASI Sedunia, Inilah 10 Makanan yang Memperlancar ASI

• Musuh Nelayan

Ikan Trigger bisa disebut sebagai musuh para nelayan karena ikan ini memiliki gigi-gigi yang tajam. sering memutuskan tali pancing atau merobek jala nelayan. Selain itu, Makanan utama ikan Trigger adalah hewan invertebrata seperti ubur-ubur, hydra, cumi-cumi, dan cacing.

• Tersebar di perairan sekitar Malaysia

Beberapa media mewartakan bahwa ikan tersebut nyata dan spesiesnya memang bergigi demikian. The Rakyat Post mengidentifikasi ikan tersebut sebagai triggerfish. Ikan jenis ini banyak tersebar diperairan sekitar Malaysia.

• Hidup di Samudra

Ikan jenis ini juga hidup di Samudra loh ternyata. Itu artinya, Ikan Trigger bisa disebut sebagai musuh para nelayan karena ikan ini memiliki gigi-gigi yang tajam. sering memutuskan tali pancing atau merobek jala nelayan.

• Terdapat 40 spesies triggerfish

Media-media tersebut juga menyebutkan bahwa terdapat sekitar 40 spesies triggerfish. Sebagian besar berwarna cerah, dan membuat sarangnya di perairan tropis serta subtropis. Spesies jantan dikenal selalu menjaga wilayahnya dan agresif. Mereka akan menggunakan giginya untuk menyerang penyusup, bahkan bertarung dengan kepiting atau bulu babi, menurut penjelasan dari National Geographic.

Beberapa spesies tumbuh lebih besar dan ukuran maksimumnya 3,3 kaki atau sekitar 1 meter dan bentuk tubuhnya oval. Sirip atas dan bawah ikan terbilang cukup besar. Karena sirip berukuran besar, ikan Trigger bisa berenang dengan cepat menggunakan sirip dan ekor mereka. Ikan Trigger lebih suka tinggal di perairan dangkal dekat pantai, terutama di sepanjang terumbu karang seperti dilansir Animals.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.