Antiribet, Begini Cara Bayar Pajak Motor Online atau di Indomaret

Membayar pajak kendaraan saat ini bisa dilakukan secara online atau di minimarket terdekat. Jadi tidak perlu repot dengan cara konvensional harus mendatangi kantor pajak.

JEDA.ID–Membayar pajak kendaraan saat ini bisa dilakukan secara online atau di minimarket terdekat. Jadi tidak perlu repot dengan cara konvensional harus mendatangi kantor pajak.

Terlebih dalam kondisi khusus badai pandemi Virus Corona jenis baru atau Covid-19. Bayar pajak motor online juga turut menjadi cara mencegah kemungkinan persebaran virus itu.

Ikut mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, para pemilik sepeda motor bisa menggunakan layanan bayar pajak motor online melalui aplikasi.

Berikut langkah membayar pajak motor online seperti dilansir suara.com, Senin (13/7/2020).

Sebelum membayar, siapkan dokumen seperti KTP dan STNK motor yang akan dibayarkan pajaknya. Unduh dan buka aplikasi Samsat Online Nasional dengan cara klik tombol mulai dan informasi, kemudian tekan ok, setelah itu akan ditampilkan beberapa menu dan pilih pendaftaran.

Setelah membuka pendaftaran, akan muncul “Perhatian, TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Kendaraan harus atas nama sendiri, jika tidak maka akan diminta balik nama terlebih dahulu” kemudian pilih setuju.

Setelah setuju akan muncul formulir yang berisi nomor polisi, nomor KTP, nomor rangka, nomor telepon, dan email. Isi kolom itu sesuai data motor yang akan dibayarkan pajaknya.

Jika semua terisi kemudian tekan tombol lanjutkan, tunggu proses sekitar satu menit. Setelah selesai akan muncul data motor dan besar pajak yang harus dibayarkan.

Setelah itu tekan tombol setuju dan secara otomatis akan mendapatkan kode untuk membayar pajak. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui mesin ATM atau e-Banking rujukan.

Setelah selesai membayar, akan dikirimkan E-TBPKP oleh pihak Samsat yang berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.

Dalam 30 hari, wajib pajak harus datang ke kantor Samsat guna mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran.

Perlu diketahui, aplikasi ini untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan yang dibayarkan setiap tahunnya. Pajak tahunan ini besarnya 1,5 persen dari harga jual kendaraan.

Riwayat Solo Jadi Zona Merah Lagi, Ini Makna Warna untuk Zona Infeksi Corona

Bayar di Indomaret

Selain lewat aplikasi, Anda juga bisa membayar pajak kendaraan Anda di salah satu minimarket, yakni Indomaret.

Indomaret saat ini sudah banyak tersedia diberbagai tempat, sehingga Anda semakin mudah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, tanpa harus mengantre. Anda tidak perlu khawatir terkait data-data Anda karena Samsat telah bekerja sama dengan adanya layanan e-SAMSAT melalui Payment Point Online Bank (PPOB) di Indomaret.

Suburnya Bisnis Teknologi Finansial saat Pandemi dan Antisipasi Risikonya

Berikut Cara Bayar Pajak Motor via Indomaret

Anda harus membawa STNK asli kendaraan bermotor Anda dan KTP sesuai dengan nama yang tertera dalam STNK tersebut.

Silahkan Anda menuju kepada kasir untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Pihak kasir Indomaret akan menayakan data diri Anda mulai dari nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan dan nomor HP wajib pajak.

Jika data yang Anda sebutkan sudah lengkap, maka akan muncul nominal dari pajak kendaraan bermotor yang harus Anda bayarkan.

Selanjutnya Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tersebut kepada kasir.

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima struk bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi ERI (Electronic Registration and Identification).

Jika Anda mengklik SMS bitly tersebut maka akan muncul Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan adanya barcode (QR code) sebagai tanda bukti pengesahan STNK yang bisa anda simpan atau cetak.

Setelah proses pembayaran di Indomaret selesai, Anda dapat melakukan pengesahan STNK dengan cara mengunjungi Polsek ataupun Polres terdekat dengan membawa bukti pembayaran yang sudah diberikan oleh kasih Indomaret.

QR code yang Anda dapatkan merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah, jika petugas yang melakukan razia bisa memverifikasi pengesahan dengan menggunakan QR code yang Anda terima.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.