7 Aplikasi Berkebun Pilihan, Kamu Pilih yang Mana?

Agar semakin piawai dan sukses bercocok tanam, tak ada salahnya menimba ilmu dari aplikasi berkebun. Ada sejumlah aplikasi berkebun yang bisa diunduh di Google Playstore.

JEDA.ID-Berkebun menjadi salah satu kegiatan saat orang banyak berada di rumah saja di tengah pandemi corona. Agar semakin piawai dan sukses bercocok tanam, tak ada salahnya menimba ilmu dari aplikasi berkebun. Ada sejumlah aplikasi berkebun yang bisa diunduh di Google Playstore.

Anda tinggal memilih aplikasi berkebun yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini 7 aplikasi terbaik untuk berkebun seperti dikutip dari detikcom, Minggu (4/10/2020):

1. PlantNet Plant Identification

Jika Anda mencari aplikasi gratis yang dapat mengidentifikasi tanaman cukup dengan memotretnya, maka salah satu yang terbaik adalah PlantNet Plant Identification ini. Tersedia di Play Store maupun App Store, aplikasi ini dapat mengidentifikasi tanaman cukup dengan memotretnya.

6 Gejala Tak Biasa Covid-19, Benjol di Lidah hingga Cegukan

Ya, cukup ambil foto tanaman atau upload dari yang sudah ada di galeri, pengguna bisa dengan cepat menemukan nama dari tanaman. Identifikasi bisa dilakukan baik dari daun, bunga, buah dan lainnya. Database-nya sudah mengandung lebih dari 20 ribu spesies tanaman.

2. Moon & Garden

Aplikasi menarik ini mengandalkan fase-fase bulan dalam rangka memberi saran pada penggunanya merawat tanaman di kebun pada hari selanjutnya. Disebutkan bawa tanaman secara alami bergantung pada fase bulan, maka aktivitas berkebun pun harus menyesuaikannya.

Sesuai dengan kondisi bulan, akan disarankan waktu yang tepat untuk menabur benih, menanam ataupun memanen tanaman. Disertakan pula perkiraan cuaca, informasi zodiac, fitur berbagi foto dengan pengguna sampai notes untuk mencatat. Ada di Android dan iOS, aplikasi ini gratis.

3. Garden Tags

Garden Tags adalah aplikasi populer bagi yang hobi berkebun. Di sini, pengguna akan menjumpai komunitas besar yang punya kegemaran sama. Mereka saling berbagi nasehat atau saran, pertolongan dan juga beragam tips berguna. Diklaim saat ini komunitasnya sudah lebih dari 100.000.

Berkebun Digital? Yuk Coba 10 Game Bercocok Tanam Ini

Pengguna bisa mengikuti tukang kebun favorit mereka. Asyiknya, pengguna dapat pula merekam semua tanaman di kebunnya di aplikasi ini dan akan ditampilkan beragam informasi bermanfaat mengenai tanaman-tanaman tersebut. Garden Tags tersedia di App Store dan Play Store.

4. Plantifier

Plantifier juga adalah aplikasi untuk mengidentifikasi tanaman yang cukup mengasyikkan. Bedanya dengan aplikasi sejenis, Plantifier tidak mengandalkan pakar atau database dalam mengenali tanaman, melainkan jawaban dari user lain.

Jadi, user bisa upload tanaman yang tidak ia kenali, lalu membagikannya di aplikasi ini. User lainnya akan mencoba mengidentifikasinya. Diklaim sudah lebih dari 200 ribu user membagikan foto untuk diidentifikasi pihak lain. Aplikasi ini gratis di iOS maupun Android.

5. Garden Manager

Garden Manager akan membantu aktivitas berkebun dengan berbagai macam panduan praktis. User misalnya dapat memasang alarm untuk mengingatkan waktu memberi pupuk, mengairi tanaman sampai memberikan pestisida.

User dapat pula memotret tanaman kesayangan mereka dan menulis catatan tentang perkembangannya ataupun membagikannya di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Garden Manager bisa didapatkan baik di toko aplikasi Android maupun di App Store.

6. iNaturalist

iNaturalist adalah aplikasi berbasis komunitas untuk mengidentifikasi tanaman atau binatang di sekitar penggunanya. Walau tidak spesifik didesain untuk berkebun, ada banyak informasi bermanfaat bagi siapapun yang tertarik pada alam.

Ide Agrobisnis Skala Rumahan, dari Tanaman jadi Jutawan

Asyiknya, ada banyak pakar maupun ahli tanaman yang bergabung untuk membantu identifikasi tanaman atau hewan yang mungkin membingungkan bagi pengguna. Mereka juga banyak memberikan saran yang berguna. iNaturalist dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

7. Taniku

Taniku merupakan salah satu aplikasi lokal yang layak diunduh bagi yang suka pada tanaman. Di aplikasi ini, tersedia cukup banyak informasi berguna, dari bagaimana budidaya tanaman populer, harga komoditas, sampai informasi soal pH, matahari maupun nutrisi.

Desainnya cukup sederhana dan mungkin performa aplikasi masih perlu perbaikan, tapi sudah cukup bermanfaat. Taniku dapat didapatkan di Play Store.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.