• Sun, 28 November 2021

Breaking News :

Citra Ayu Mustika, Wanita di Balik Buku Panduan Istri Solehot

Citra Ayu Mustika memakai istilah Solehot untuk merujuk pada perilaku menyenangkan seorang istri terutama untuk urusan ranjang.

JEDA.ID – Sebuah buku karya Citra Ayu Mustika berjudul Uncensored membuat heboh hingga Malaysia dan Singapura. Buku itu dijual di Asmaraku.id dengan tagline yang cukup provokatif, “Buku Panduan Menjadi Istri Solehot.”

Istilah ini adalah pelesetan dari “salihah” yang biasa dibaca “solehah.” Salihah dalam KBBI berarti wanita yang saleh atau wanita yang taat dan sungguh-sungguh dalam beriman.

Blogger Giriyanto Ismail menyebut Solehot adalah Jilboobs dengan bawahan emes. Maksudnya seorang wanita berjilbab dengan pakaian atasan dan bawahan yang sama-sama ketat hingga menonjolkan lekuk tubuh.

Namun ada pula yang menyebut Solehot tidak terkesan negatif. Konselor ASI dan juga pegiat media sosial Citra Ayu Mustika tampil dalam promosi bukunya Uncensored. Di iklan itu termuat tagline “Buku Panduan Menjadi Istri Solehot.”

Jilboobs merupakan istilah penggunaan jilbab namun masih berpakaian ketat dan menunjukkan lekuk tubuh. Gaya berbusana Jilboobs tidaklah sesuai dengan syariat agama Islam yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan pakaian longgar dan tidak ketat.

Citra Ayu Mustika

Berbeda dengan kesan yang ditangkap di kalangan netizen, Citra Ayu Mustika memakai istilah Solehot untuk merujuk pada perilaku menyenangkan seorang istri.

Buku itu sebenarnya membahas bagaimana menjadi seorang istri yang hangat, entah dalam hal sehari-hari atau saat di rangjang untuk memuaskan suami.

Citra Ayu bukan sekadar selebgram biasa. Ia lebih dikenal sebagai tetegram yang sering membagikan persoalan menyusui dan mengASIhi melalui Instagramnya.

Buku Uncensored dengan tagar #teronglyfe itulah cara Citra berbagi tentang kehidupan seksual suami istri yang masih dianggap tabu untuk didiskusikan, khususnya di Indonesia.

“Padahal sex adalah bahasa cinta tertinggi. Bukan hanya untuk kebutuhan reproduksi aja – punya anak/keturunan terus kelar. Tapi sex adalah juga kebutuhan rekreasi dan juga sarana membangun relasi dengan pasangan halal,” tulis Citra Ayu di akun Instagramnya.

Sebelum merilis bukunya, Citra Ayu lebih dulu membuat feed di Instagram mengenai #teronglyfe. Citra sengaja menggunakan istilah teronglyfe, karena lebih luas untuk membahas persolan seks dalam rumah tangga.

Anyway knp gw pake istilah Teronglyf? Slain itu istilah gw yg buat, makna Teronglyf sebetulnya lebih luas. Ga cm masalah sex,” tulisnya di Instagram pada September 2018 silam.

“Tp masalah perasaan, masalah keuangan, masalah pengelolaan anak, dan masalah2 rmh tangga lainnya yg berdampak pada mood gw dan suami untuk punya niat nge-sex hahaha,” katanya.

Salah satu topik yang paling ditekankan oleh Citra, yakni mengenai hubungan seksual setelah melahirkan. Ternyata tulisan Citra mengenai kehidupan seks rumah tangga setelah memiliki anak mendapat cukup banyak respons baik dari warganet.

Ibu-Ibu Curhat

Karyawan Bank BUMN ini mengungkapkan kisah di balik bukunya itu kepada Detik.com. “Banyak sekali challenge yang harus kita manage, supaya bonding aku dengan suami bisa terjalin walaupun kita sudah punya anak,” ujar wanita 29 tahun itu.

Citra menceritakan ada seorang ibu curhat padanya saat hamil dan melahirkan sudah setahun hingga dua tahun tidak berhubungan, karena suaminya kehilangan selera untuk menyentuh istrinya. Ada juga ibu menyusui yang bercerita padanya, suaminya malah berselingkuh karena sang istri tidak berselera untuk berhubungan seks.

Dari berbagai curhatan yang diterimanya, Citra melihat rata-rata wanita setelah melahirkan dan menjalani proses menyusui merasakan kehilangan libido pada suami.

Menurutnya kondisi itu wajar terjadi karena hormon. Hormon oksitosin yang mempengaruhi kelancaran ASI bisa membuat ibu menjadi sangat mencintai bayinya. Namun di sisi lain, menurut Citra, hormon ini juga menekan libido istri.

Biasanya Citra memfasilitasi ibu-ibu untuk curhat melalui direct message. Dia kemudian akan meminta meminta izin pada sang pengirim pesan untuk menampilkan kisah mereka di Instagram Story, tentunya dengan nama yang disamarkan. Dengan membagikan kisah itu, sesama netizen juga bisa saling memberikan saran.

Selain mengenai kehidupan seks setelah melahirkan, Citra juga kini sering berbagi tips seputar long distance married (LDM) alias pasutri yang harus hidup berbeda kota atau bahkan negara. Pembahasan mengenai LDM terjadi berdasarkan permintaan followers-nya di Instagram.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.