Sering Mabuk Darat? 7 Makanan Ini Mampu Mencegahnya

Sering merasa tidak nyaman saat perjalanan mengenakan mobil pribadi maupun transportasi umum karena mabuk darat? Ada beberapa makanan yang bisa mengatasinya.

JEDA.ID – Sering merasa tidak nyaman saat perjalanan menggunakan mobil pribadi maupun transportasi umum karena mabuk darat?

Jika ya, beragam persiapan pasti akan Anda lakukan tak terkecuali dengan meminum obat agar Anda tidak mabuk saat perjalanan.

Kurang tidur bisa menyebabkan Anda merasa mabuk dan juga mual. Selain itu, posisi duduk hingga perut kosong bisa jadi penyebabnya. Jika Anda memiliki kecenderungan mabuk perjalanan, konsumsilah makanan ini yang dapat mengurangi gejalanya dan menenangkan perut. Sebaiknya kemas beberapa makanan ini juga untuk membantu atasi mual.

Dilansir dari Detik.com Kamis, (30/5/2019) dan sumber lain, berikut 7 makanan yang mampu mencegah mabuk saat perjalanan.

Ada yang Suka Makanan Halal, Ini 7 Kuliner Favorit Member BTS

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu makanan terbaik untuk menenangkan perut yang mual. Kunyahlah sedikit potongan jahe segar yang sudah dikupas untuk mencegah mabuk perjalanan dan sakit perut.
Sebelum berangkat, Anda bisa menyiapkan beberapa potongan jahe dan menyimpannya dalam kantung plastik atau wadah tertutup.

Merebus beberapa potong jahe untuk membuat teh jahe juga bisa meredakan gejala supaya perjalanan lebih nyaman.

Dilansir dari Detik.com, Phyllis A. Balch dalam bukunya “Prescription for Nutritional Healing” mengatakan, konsumsi jahe atau minum teh jahe bisa mencegah gejala jika dikonsumsi sekitar satu jam sebelum berangkat melakukan perjalanan.

2. Biskuit gurih

Biskuit gurih atau yang biasa disebut dengan crackers ini bisa membantu meredakan sakit perut dan mencegah muntah yang kerap terjadi seiring munculnya mual.

Kalau hal ini terjadi, konsumsi 2-3 crackers jika Anda mulai merasa mual dan terus makan perlahan-lahan sampai gejala reda. Coba juga konsumsi beberapa crackers sebelum memulai perjalanan dan pastikan menyiapkan crackers untuk bekal di kendaraan.

Balch merekomendasikan crackers dari gandum utuh karena bisa membantu meredakan jumlah air liur dalam mulut. Sehingga rasa mual dan perut tidak nyaman bisa berkurang. Hindari crackers dengan perasa, terutama yang pedas atau bercitarasa bawang. Begitu juga dengan crackers manis.

3. Buah Zaitun

Menurut Balch, buah zaitun dapat meredakan mabuk perjalanan karena bisa mengurangi liur dalam mulut. Ini tentu saja bisa mengurangi rasa mual. Konsumsilah beberapa buah zaitun sebelum berangkat, dan bawa juga beberapa buah zaitun di tempat makan atau kantung plastik. Ketika mabuk perjalanan mulai menyerang, makan satu buah setiap beberapa menit hingga mualnya hilang.

7 Tempat Ini Diyakini Sebagai Gerbang Menuju Dunia Lain

4. Lemon

Lemon segar serta air lemon bisa membantu ringankan rasa mual. Lemon mengandung zat yang bisa meredakan sakit perut. Potonglah 1-2 lemon segar dan simpan dalam kantung plastik atau wadah untuk dibawa saat perjalanan. Buang kulit lemon kemudian tempatkan satu iris lemon di lidah ketika mulai merasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi irisan lemon atau menghisap sarinya untuk meredakan gejala.

5. Apel Hijau

Selain lemon, apel hijau juga bisa membantu. Kandungan pektin dalam apel hijau dapat membantu menetralkan asam di perut. Selain konsumsi apel segar, bisa juga meminum jus apel.

6. Jeruk

Buah jeruk dipercaya mengurangi mual karena perjalanan. Rasanya yang segar akan membantu mulut menjadi lebih segar dan mengurangi rasa mual. Anda dapat mengonsumsi jeruk secara langsung atau menjadikannya jus jeruk.

7. Pisang

Tidak hanya rasanya yang enak, buah pisang baik untuk mencegah mabuk perjalanan. Pisang mempunyai jumlah kalium dan protein yang cukup tinggi, yang mampu mengembalikan kebutuhan mineral dalam tubuh yang hilang serta nutrisi yang terbuang. Makan pisang 1-2 buah mampu mengurangi rasa mual dan mengembalikan energi.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.