Punya Darah Tinggi? Coba Konsumsi 7 Buah dan Jus Ini

Darah tinggi dapat disebabkan beberapa faktor. Darah tinggi atau hipertensi pada tahap awal, tidak menimbulkan ancaman serius.

JEDA.ID-Darah tinggi dapat disebabkan beberapa faktor seperti kebiasaan makanan yang tidak sehat, jam kerja panjang, dan stres. Darah tinggi atau hipertensi pada tahap awal, tidak menimbulkan ancaman serius. Namun, jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Penderita hipertensi disarankan untuk mengikuti diet sehat dan memasukkan makanan penurun darah. Dikutip dari Food NDTV, dokter menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dengan kalium dan menghindari makanan dengan kandungan natrium tinggi. Menurut penelitian beberapa jenis buah-buahan dapat mengatasi hipertensi. Buah-buahan ini dapat pula disajikan dengan cara dibuat dalam bentuk jus.

Berikut ini buah yang bisa mencegah hipertensi dilansir Medicalnewstoday dan ditulis Detikcom, Selasa (25/8/2020):

1. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium dan mineral yang berperan penting dalam mengatasi hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium. Kalium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari.

2. Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah menurut hasil sebuah penelitian. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada penderita hipertensi.

Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 pekan secara signifikan bisa mencegah hipertensi, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama.

Sedang Menjalani LDR? Ini Tips Menjaga Hubungan Asmara Jarak Jauh

Zat bioaktif dalam buah kiwi disebut dapat menyebabkan menurunkan tekanan darah. Kiwi juga kaya vitamin C.

3. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan prehipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

Tips Menabung Agar Tidak Sering Diambil

Lalu bagaimana dengan jus? Dilansir Food NDTV, berikut jus yang bisa Anda minum untuk mencegah hipertensi:

4. Jus Delima

Jus delima (anar) mengandung vitamin dan potasium penting yang membantu melancarkan sirkulasi darah. Jus buah delima juga dikenal untuk melawan dan menghilangkan angiotensin converting enzyme (ACE)  enzim yang memperkuat pembuluh  darah. Delima juga bisa dimakan langsung tanpa dijus dan bisa mencegah hipertensi.

5. Jus Cranberry

Cranberry adalah buah padat nutrisi terutama kandungan vitamin C yang tinggi. Jus cranberry rendah kalori dan membantu melebarkan pembuluh darah, serta melancarkan sirkulasi darah.

6. Jus Jeruk

Buah menyegarkan ini kaya vitamin C. Jeruk juga mengandung kalium, folat, dan bioflavonoid yang membantu menjaga tekanan, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga kesehatan jantung yang sehat.

7. Jus Bit

Dilansir Medicalnewstoday, pada 2015, peneliti melaporkan bahwa meminum jus bit merah menyebabkan penurunan tekanan  yang meminum 250 mililiter atau sekitar 1 cangkir jus bit setiap hari selama 4 pekan.

Ditulis oleh : Mikola Muhammad Akbar

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.