Mengungkap 7 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan Kulit Wajah 

Tak hanya enak untuk dinikmati sebagai minuman, teh hijau juga punya manfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

JEDA.ID—Tak hanya enak untuk dinikmati sebagai minuman, teh hijau juga punya manfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

Memiliki wajah yang sehat adalah keinginan semua orang. Terlebih untuk wanita, merawat kulit wajah merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan supaya tetap terlihat cantik.

Karena kita ketahui, wajah adalah hal pertama yang dilihat ketika bertemu seseorang. Wajah yang sehat dan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik, ternyata teh hijau alias green tea juga bisa digunakan. Ladies, bisa menggunakan ampas dari tehnya saja.

Yuk, ketahui manfaat teh hijau bagi kulit wajah kalian dilansir oleh sehatq.com dan Liputan6.com, Minggu (2/8/2020).

1. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Pada teh hijau terdapat sifat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan yang mampu mengatasi masalah kulit wajah yang pastinya membuat ladies pusing. Seperti masalah jerawat dan kulit berminyak.
Kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Nah, dengan demikian teh hijau dapat menyetop infeksi bakteri penyebab dari munculnya jerawat yang membandel.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan molekul antioksidan , epigallocatechin gallate (ECGC). Menurut ahli di Medical Collage of Georgia di Amerika Serikat, ECGC dapat meremajakan sel kulit mati. Selain itu ECGC juga mampu melawan tanda-tanda penuaan dengan cara melindungi dan memperbaiki sel kulit wajah, dan membantu mengatasi kulit yang kusam supaya terlihat lebih sehat.

Untuk menjaga kadar kolagen pada kulit, kandungan vitamin B2 yang terdapat pada teh hijau juga diperlukan. Vitamin tersebut juga dapat menjaga kekencangan kulit sehingga membuatnya lebih terlihat muda.

3. Melembabkan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam teh hijau, mempunyai khasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit wajah.

4. Melawan kanker kulit

Teh hijau memiliki kandungan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas ini dapat memicu penyakit, seperti kanker kulit.
Menurut studi yang pernah dilakukan pada tahun 2010 silam, antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

5. Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Sifat antiradang dari kandungan polifenol yang terkandung pada teh hijau, mampu meringankan luka sayatan kecil dan kondisi sunburn. Selain itu juga terdapat beberapa studi yang mengungkapkan bahwa teh hijau mampu mengatasi iritasi karena beragam masalah kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

6. Bisa berfungsi sebagai toner kulit

Ternyata kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit, lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

7. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

 

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.