Kenapa Kita Terlihat Lebih Keren Saat Bercermin?

Mengapa kita terlihat lebih menarik saat bercermin daripada saat berfoto? Nah, ternyata ada penyebabnya mengapa kita terlihat lebih menarik saat bercermin daripada berfoto.

JEDA.ID-Mengapa kita terlihat lebih keren saat bercermin daripada di foto? Nah, ternyata ada penyebabnya mengapa kita terlihat lebih keren saat bercermin daripada berfoto. Cari tahu yuk!

Kita seringkali melakukan berbagai cara supaya terlihat keren saat  berfoto, tapi seringkali hasil foto tersebut membuat kita kecewa. Sebab, kita merasa wajah di dalam foto tidaklah sama ketika kita melihat refleksi diri di dalam cermin.

Tenang, tidak hanya kamu yang merasakan seperti itu, sebagian besar orang pernah merasakan dan mengalami hal ini. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini merupakan normal dan bahkan ada penjelasan ilmiahnya.

6 Bahan Herbal untuk TBC, Bisa Ditemukan di Sekitar Rumah

Dilansir dari Liputan6 dan berbagai sumber, Minggu (18/10/2020), berikut ini penjelasannya mengapa hasil foto dan pantulan di cermin terlihat berbeda.

1. Terlalu Sering Bercermin

Bercermin di pagi hari sebelum memulai aktivitas, sudah menjadi hal yang setiap individu lakukan, terutama bagi kaum hawa. Wanita dan cermin seperti sudah tidak bisa dipisahkan. Namun, bercermin yang terlalu sering justru akan membuat kita lebih menyukai refleksi dalam cermin secara tidak sadar.

Hal tersebut membuat kita terbiasa melihat wajah kita yang refleksi diri dalam cermin dan akan merasa aneh ketika melihat wajah pada foto.

2. Objek Terbalik

Walau kita sudah terbiasa melihat refleksi diri dalam cermin, tetapi orang lain tidak melihat kita seperti kita melihat diri di cermin. Karena cermin membalikkan suatu objek, membuatnya tidak terlihat sama dengan aslinya.

3. Pencahayaan

Tahukah kamu bahwa otak kita tidak memperhatikan perbedaan cahaya saat bercermin? Ya, otak kita akan menampilkan tampilan wajah kita yang sama persis dengan yang sering kita lihat. Sebaliknya, kamera tidak bisa melakukan itu dan justru menangkap seluruh pencahayaan serta bayangan.

4. Kontrol Langsung

Ketika sedang bercermin dan kemudian kita tidak menyukai angle tertentu, kita dapat langsung mengubah angle dan ekspresi tersebut secara langsung sehingga menjadi lebih menarik. Akan berbeda ketika kita sedang mengambil foto. Tidak semua orang dapat mengontrol wajah dan tubuh saat akan berfoto. Selain itu, untuk mengetahui kesalahan dalam mengambil angle atau ekspresi, harus ketika foto selesai diambil.

5. Wajah Tidak Simetris

Cermin membuat wajah terlihat lebih simetris dan menarik. Namun sebenarnya panjang atau tebalnya alis, ukuran mata, bentuk rahang tidaklah simetris.

Hal ini sering membuat kita merasa asing dengan wajah sendiri, seperti melihat orang lain ketika melihat hasil foto wajah kita.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.