Berkenalan dengan Ras Lima Anjing Selebgram

Di Jepang ada anjing selebgram Marutaro jenis Shiba Inu, anjing ramah yang mencuri perhatian warganet. Ia tak sendiri, di media sosial ada sejumlah anjing dari berbagai ras yang menjadi selebritas. Mereka mejeng di Instagram.

JEDA.ID—Tokoh terkenal di Instagram alias selebgram tak hanya manusia. Karakter animasi hingga binatang bersaing ketat di media sosial berbasis foto itu. Salah satunya adalah anjing. Ras anjing yang menjadi tenar pun ragamnya banyak.

Jeda.id mengumpulkan lima di antara puluhan anjing terkenal di Instagram dengan ras berbeda-beda. Siapa saja dan apa ras para anjing lucu dan menggemaskan ini? Berikut ini detailnya:

Marutaro

 

Marutaro adalah anjing yang tinggal di Jepang. Tentu saja karena pemiliknya orang Jepang. Namun tak Cuma itu, anjing dengan nickname Maru ini memang jenis anjing ras khas Jepang yaitu Shiba. Ras Maru di Jepang kerap disebut dengan Shiba Inu. Tambahan kata inu adalah dari bahasa Jepang untuk menyebut anjing.

Shiba Inu tak hanya bisa ditemukan di Jepang. Persebarannya ke Amerika Serikat dimulai sekitar 60 tahun yang lalu. Hingga saat ini anjing yang berbuluputih, campur merah, pirang atau hitam ini sangat populer di Jepang. Shiba Inu adalah jenis anjing pemburu yang bisa menjadi penjaga sekaligus teman bagi manusia. Shiba Inu adalah anjing yang ramah dan mudah tersenyum.

Marnie

Marnie adalah anjing dengan ras Shih Tzu. Dulunya anjing ini berasal dari Tibet dan China serta diketahui banyak tersebar di Asia. Namun kini Shih Tzu banyak menyebar di seluruh dunia. Seperti Marnie yang  tinggal bersama pemiliknya di New York, Amerika Serikat.

Shih Tzu adalah anjing peranakan kawin silang dari beberapa ras anjing di antaranya Pekingese, Lhasa Apso, Chow-chow dan lain-lain. Kini, Shih Tzu telah diakui secara internasional sebagai trah murni.

Doug

Doug adalah anjing ras pug yang populer di media sosial. Doug anjing berwajah bergelambir ini tinggal dengan pemiliknya di Tennessee, Amerika Serikat. Pug merupakan ras anjing yang berasal dari Tiongkok. Di Indonesia anjing pug biasa dikenal dengan bulldog, sama seperti nama yang dikenal di Eropa.  Pug dibawa dari Tiongkok ke Eropa pada abad ke-16. Pada abad ke-19, Ratu Victoria diketahui sangat menyukai anjing pug. Ia bahkan menularkan kegemarannya itu kepada anggota kelurga kerajaan. Di tempat asalnya, pug dipelihara sebagai anjing penghibur bagi para kaisar pada masa Dinasti Shang (1776-1122 SM) di Tiongkok Timur. Pug saat itu dikenal dengan nama lo chiang sze atau foo.

Cumlord

Di media sosial, Cumlord tampil sangat imut dan menggemaskan. Anjing yang tinggal bersama pemiliknya di Inggris ini masuk dalam ras pomeranian. Anjing pomeranian adalah satu dari sekian banyak ras anjing spitz, sebutan beragam jenis anjing ras yang punya ciri khas bulu tebal dan panjang. Daun telinga agak kecil dan berdiri. Pomeranian berasal dari Eropa dan banyak tersebar di negara-negara benua itu.

Snowee

Snowee sangat terkenal di Indonesia. Ia adalah anjing jenis golden retriever milik presenter acara jalan-jalan petualangan, Bima Aryo. Golden retriever asalnya dari Skotlandia. Pada tahun 1800-an anjing jenis ini dimanfaatkan untuk mengambil mangsa dalam perburuan. Golden retriever adalah jenis anjing yang ramah dan setia. Ia juga anjing yang mudah berteman dengan siapa saja selain pemiliknya, karena itu golden retriever tak cocok dimanfaatkan sebagai anjing penjaga.

Ditulis oleh : Maya Herawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.