Begini Cara Pilih Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Saat ini banyak sekali model kacamata beredar, jadi harus cermat dalam memilih kacamata.

JEDA.ID—Kenali cara memilih kacamata supaya muka tidak terlihat aneh. Nah salah satu cara memilih  kacamata adalah dengan mengenali bentuk muka Anda.

Apalagi saat ini banyak sekali bentuk kacamata yang hits di kalangan selebgram. Bentuk bingkai yang sesuai akan menyempurnakan bentuk wajah dan menonjolkan fitur terbaik dari wajah kamu.

Seperti yang dilansir dari Suara.com, Sabtu (28/11/2020), berikut ini adalah cara memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah kamu.

1. Bentuk wajah segitiga: kacamata bulat

Biar wajah terlihat lebih lebar dan menutupi bagian bawah yang mencolok, pilihlah kacamata hitam dengan bingkai besar dan bagian atas yang luas. Selain itu, bagian bawah kacamata sebaiknya tak berbentuk garis persegi atau tajam. Kacamata dengan kaca bulat, mata kucing dengan lensa transparan, dan kacamata tanpa bingkai cocok untuk muka segitiga.

Negara-Negara Ini Siap Vaksinasi Covid-19 pada Desember 2020

Namun, sebaiknya hindari kacamata berbentuk mata kucing dengan lensa gelap, kaca dengan bingkai persegi panjang, sempit atau kecil. Hindari juga kacamata berbentuk persegi panjang.

2. Wajah bulat: kacamata berbentuk persegi panjang atau model kupu-kupu

Biar wajah tampak lebih panjang, pilih kacamata dengan bingkai gelap. Guna menyeimbangkan proporsi wajah, pilihlah bingkai yang lebarnya lebih besar daripada tingginya. Beberapa bentuk kacamata yang cocok untuk pemilik wajah bulat antara lain kacamata persegi, persegi panjang, mata kucing, kupu-kupu, wayfares, dan kacamata dengan bagian tengah yang sempit.

Sebaliknya, hindari memakai kacamata berbentuk bulat, bingkai sempit, kaca dengan ujung tajam, geometris, lensa berwarna, serta lensa yang menutupi alis.

3. Wajah oval: kacamata berbentuk kupu-kupu atau mata kucing

Hindari memilih bentuk yang terlihat terlalu besar. Pilih bingkai selebar wajah, pastikan frame tepat di garis alis mata. Kacamata yang cocok untuk bentuk wajah oval misalnya persegi panjang, oval bulat, kupu-kupu dan mata kucing. Sebaliknya, hindari kacamata dengan ujung tajam, bentuk terlalu besar atau lebar dan berbingkai sempit.

4. Wajah kotak: kacamata dengan bingkai bulat

Kacamata dengan bingkai bulat akan menyeimbangkan proporsi muka agar penampilan jadi terlihat elegan. Hindari kacamata dengan sudut tajam, bingkai kecil, sempit dan mungil serta bingkai yang lebih lebar dari wajah.

Berapa Gaji Presiden AS? Bikin Penasaran

Lebih baik pilih kacamata dengan garis frame yang besar, bingkai selebar wajah, bingkai berwarna, berbentuk oval, bulat atau seperti tetesan air mata. Kacamata tanpa bingkai dan mata kucing boleh.

5. Wajah persegi panjang: kacamata berbingkai besar

Jika bentuk wajahmu persegi panjang, pilih kacamata dengan lensa transparan dan bingkai ramping. Jangan lupa sesuaikan juga dengan wana kulitmu.

Kacamata berbingkai besar dan bulat juga cocok. Di sisi lain, sebaiknya hindari kacamata dengan bingkai sempit, kaca kecil atau bingkai berwarna cerah.

6. Wajah berbentuk hati: kacamata bulat dengan bingkai kecil

Pilih kacamata dengan yang lebarnya sama dengan wajah. Kacamata bulat yang memiliki bingkai kecil dengan jembatan sempit dan lengan rendah adalah pilihan terbaik.

Kacamata tanpa bingkai atau dengan bingkai warna cerah dan netral juga oke. Namun, jangan pakai kacamata berbingkai besar dan berat, kaca bergaris yang tajam dan runcing, serta kaca yang menutupi alis dan mata kucing.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.