Akun Instagram Diretas, Apakah Bisa Kembali ke Pemilik Akun?

Salah satu tanda akun Instagram diretas oran adalah si pemilik akun tidak bisa mengakses. Jangan panik saat tahu akun Instagram diretas.

JEDA.ID-Salah satu tanda akun Instagram diretas orang tidak bertanggung jawab adalah si pemilik akun tidak bisa mengakses. Jangan panik saat tahu akun Instagram diretas. Karena Anda tidak sendiri.

Baim Wong juga mengalaminya. Akun Instagram Baim Wong diretas orang pada Minggu (13/9/2020). Akun @baimwong tiba-tiba menghilang dan tidak bisa diakses oleh pemiliknya.

“Hai bosque lagi ke-hack Instagramnya. Takutnya ada penipuan pakai Instagram saya, jangan percaya ya. Nanti lagi diurus nih mudah-mudahan enggak kenapa-napa, baru tadi aja,” kata Baim lewat video yang diunggah di akun istrinya @paula_verhoeven.

Lantas,  bagi Anda yang bernasib serupa Baim Wong bisakah akun Instagram yang diretas itu diambil alih lagi?

Kemungkinan kembalinya akun tersebut ke tangan pemilik asli akun itu tentunya masih ada. Instagram tahun lalu sudah menyiapkan sebuah fitur yang akan membantu pengguna mengambil alih akun mereka yang diretas.

Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti.

Kirim Kode 6 angka ke Kontak Pengguna

Pengguna dapat mengakses fitur ini apabila: 1) Instagram mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akun Instagram (misalnya, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah) atau 2) Pengguna mengetuk “Masalah login?” pada halaman “Lupa kata sandi?”.

Instagram kemudian akan meminta pengguna untuk memasukkan beberapa informasi personal, seperti alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram mereka, atau alamat email maupun nomor telepon yang mereka gunakan saat mendaftar Instagram.

Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode 6 angka ke kontak informasi yang pengguna pilih, sehingga memungkinkan mereka untuk mengambil alih kembali akses akunnya.

Ketika mereka telah berhasil mengakses akunnya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email maupun nomor telepon pengguna untuk mengakses akun dari perangkat yang berbeda.

Melalui uji coba fitur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun pengguna, telah diubah oleh peretas.

Memudahkan Pengguna

Instagram terus berupaya untuk semakin meningkatkan fitur ini dan dalam beberapa bulan ke depan, Instagram berharap dapat memudahkan pengguna untuk memulihkan akun secara langsung dalam aplikasi, tanpa bantuan dari tim operasional komunitas Instagram.

Makin Berumur Ada Risiko Tak Sanggup Makan Makanan Pedas

Fitur untuk memastikan nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti

“Kami mengamati saat seseorang kehilangan nama akun mereka karena diretas atau mereka mengganti nama akunnya secara sengaja, nama akun lama mereka dapat diambil oleh orang lain dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun pengguna akan tetap aman selama beberapa waktu setelah nama akun tersebut terganti. Artinya, nama akun lama pengguna tidak dapat diambil oleh orang lain, jika mereka kehilangan akses terhadap akunnya,” tulis Instagram melalui pernyataan tertulisnya.

Dengan fitur ini, Instagram memberikan kepastian bagi pengguna bahwa nama akun mereka tidak akan dapat diambil alih oleh orang lain setelah terganti selama beberapa saat. Dalam beberapa kasus peretasan akun bisnis maupun figur publik, fitur ini dapat mencegah munculnya akun tidak otentik di Instagram.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.