8 Macam Jenis Jaket Stylish dan Keren, Kaum Pria Wajib Punya

Jaket menjadi pakaian multifungsi yang tidak sekadar sebagai penghangat atau pelindung tubuh, melainkan juga menjadi gaya fashion bagi seorang pria.

JEDA.ID – Jaket menjadi pakaian multifungsi yang tidak sekadar sebagai penghangat atau pelindung tubuh, melainkan juga menjadi gaya fashion bagi seorang pria. Meski jaket merupakan jenis item yang selalu bisa dipadu-padankan bersama setelan lainnya, tidak semua orang mampu tampil keren dengan jaket.

Mengingat jenis jaket yang sangat beragam, tak jarang bagi kita untuk bingung dengan model, bentuk, hingga nama jenis jaket yang bermunculan. Macam-macam jenis jaket pria ini bisa Anda pilih untuk berbagai kebutuhan seperti saat musim hujan, olahraga, atau mengahdiri acara tertentu.

Banyaknya model dalam macam-macam jenis jaket pria ini membuat Anda harus bisa menyesuaikan jaket pilihan dengan style yang Anda inginkan. Jangan sampai salah, ini 8 macam jenis jaket pria paling stylish dan keren dilansir dari liputan6.com dan berbagai sumber Selasa (14/7/2020).

1. Jaket Bomber

Jaket bomber atau flight jacket mulai tren dalam fashion remaja di era 1970an. Jaket bomber dulunya didesain khusus untuk para pilot. Namun, seiring perkembangan fashion, jaket ini kini sangat digemari di berbagai kalangan karena modelnya keren.

Jaket ini belum lama ini cukup booming di Indonesia. Hingga menjadi sangat booming ketika Presiden Joko Widodo mengenakan jaket bomber di sela-sela kesibukannya.

Ciri khas dari bomber adalah bentuknya yang gemuk, dilengkapi dengan risleting dan saku yang berada di kedua sisinya. Biasanya bomber terbuat dari bahan kulit, nilon, polyester dan lainnya.

2. Jaket Parka

Jaket parka (istimewa)

Jaket parka (istimewa)

Jaket parka umumnya tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, sangat tebal dan memiliki panjang selutut serta dilengkapi dengan hoodie. Tudung pada jaket parka dulunya memiliki bulu-bulu penghangat di dalamnya. Namun, seiring berkembangnya jaman, muncullah jaket parka tanpa bulu.

3. Hoodie

Jaket hoodie (istimewa)

Jaket hoodie (istimewa)

Jaket ini tidak memiliki risleting maupun kancing ditengahnya. Cara memakainya seperti memakai kaus biasa. Model hoodie sangat kasual dan simple. Apalagi jika warnanya polos, jaket ini akan sangat pas untuk kamu yang paling tidak bisa ribet. Jaket hoodie cocok dipakai saat cuaca dingin, naik motor, atau sekadar keluar bersantai.

4. Jaket Kulit

Jaket kulit (istimewa)

Jaket kulit (istimewa)

Jaket kulit selalu menjadi pilihan terlihat macho sejak dulu hingga sekarang. Sesuai namanya, jaket ini terbuat dari kulit sintetis maupun kulit asli. Tak hanya sebagai pelindung terhadap udara dingin, jaket kulit juga bisa membuat Anda tampil klasik dan stylish.

5. Jaket Parasut

 

Jaket parasut mempunyai kelebihan water resist atau tahan air, tidak cepat kusut, lebih hangat dan mudah dibersihkan. Pastikan Anda memiliki jaket ini karena akan sangat berguna di musim hujan.

6. Sports Jacket

Sports Jacket mungkin terdengar seperti jaket olahraga. Namun, kenyataanya, Sports Jacket lebih memiliki kesan formal dan elegan. Sports Jacket memiliki bentuk mirip dengan jas berbahan corduroy, suede, denim, atau tweed. Dulunya Sports Jacket digunakan dalam olahraga high class seperti berburu dan menembak.

7. Biker Jacket

Jaket biker biasanya terbuat dari kulit dengan desain pendek dan ketat disertai kancing atau risleting. Jaket ini biasa digunakan pengendara motor dan memiliki gaya yang nampak stylish dan maskulin. Tidak hanya membuat Anda tampak gaya, tapi juga menjaga tubuh dari angin saat mengendarai motor.

8. Jaket Varsity

Jaket Varsity biasanya identik dengan jaket yang biasa dipakai mahasiswa atau anak SMA. Varsity memiliki model seperti baseball jacket. Perbedaannya terletak pada bahan, di mana varsity lebih sering menggunakan katun tebal atau kulit sintetis. Tak ayal, bila model jaket ini sangat disukai untuk bergaya keren dan tampak muda.

Awalnya, jaket ini bernama Letterman Jaket dan hanya digunakan oleh para mahasiswa Universitas Harvard. Ciri khas dari jaket ini adalah huruf yang dibordir di dada kiri jaket. Terkadang dibuat menjadi inisial pemiliknya.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.