5 Benda Multifungsi untuk Lantai Rumah

Pemasangan benda multifungsi ini biasanya dipilih sesuai kegunaan atau fungsinya. Benda multifungsi ini juga bisa menjadi aksesori rumah. 

JEDA.ID–Memiliki rumah yang nyaman pasti menjadi idaman setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan. Termasuk memberi perhatian pada lantai rumah dengan memasang sejumlah benda multifungsi.

Pemasangan benda multifungsi ini biasanya dipilih sesuai kegunaan atau fungsinya. Tak hanya mendukung aktivitas penghuni rumah, benda multifungsi ini juga bisa menjadi aksesori rumah.

5 Benda Favorit

Berikut ini beberapa pilihan benda multifungsi yang bisa Anda pasang di lantai sesuai fungsinya, sekaligus menjadi pemanis lantai rumah.

1. Karpet

Karpet (freepik)

Karpet (freepik)

Anda bisa memasang karpet di lantai rumah. Karpet merupakan barang yang sangat umum dipakai di dalam rumah. Selain untuk bersantai, karpet juga berfungsi mempercantik ruang.

Karpet sebagai elemen yang biasa digunakan di atas lantai, bisa digunakan di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Ukuran karpet ruang tamu sebaiknya tidak terlalu lebar dan tidak terlalu tebal. Sebaiknya lebar karpet tak melebihi lebar sofa agar ruangan tidak tampak sempit.

Karpet untuk ruang keluarga biasanya ditempatkan di depan televisi. Pemilik rumah bisa menggunakan karpet yang lumayan tebal untuk memberikan kenyamanan.

2. Keset

Keset (freepik)

Keset (freepik)

Keset ini ragamnya banyak sesuai dengan penempatannya. Jika ditempatkan di bagian luar rumah, bisa menggunakan keset berbahan serabut kelapa dan karet dengan motif yang bisa menyerap debu.

Untuk kamar tidur, keset berbahan flanel dan memory foam bisa jadi pilihan. Motif bling-bling juga bisa menjadi pilihan. Keset depan pintu kamar mandi juga banyak pilihannya. Tapi sebaiknya pilih yang daya serapnya tinggi. Sedangkan untuk pemakaian di dapur bisa memakai keset antiair dengan beragam motif.

3. Beanbag

Beanbag (freepik)

Beanbag (freepik)

Beanbag juga bisa Anda gunakan sebagai pemanis lantai. Ada beragam ukuran, mode, dan beragam warna. Ada yang kaku seperti kursi bundar tanpa sandaran, tetapi ada juga yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh orang yang ada di atasnya.

4. Bantal untuk lantai

Bantal lantai (gdfstudio.com)

Bantal lantai (gdfstudio.com)

Bantal untuk lantai berfungsi sebagai alas duduk saat mengerjakan tugas atau belajar di lantai. Bahannya biasanya dari dakron karena lebih empuk. Namun ada juga berbahan busa tebal.

5. Puzzle Mat

Matras puzzle (freepik)

Matras puzzle (freepik)

Puzzle mat banyak digunakan di ruang tengah, kamar anak, atau ruang bermain. Aksesori lantai ini juga beragam jenis dan motifnya. Biasanya digunakan untuk alas bermain atau aktivitas bermain di lantai, tergantung motifnya.

Ada matras puzzle bermotif atau bergambar angka, huruf, bahkan gambar hewan dan tumbuhan.

Perhatikan Tema Ruangan

Lima benda multifungsi tersebut memang beragam model maupun motifnya, sehingga selain digunakan sesuai fungsinya, keberadaannya bisa menambah cantik lantai di suatu ruangan.

Namun perlu diingat kesesuaian pemilihan benda tersebut dengan tema rumah Anda. Usahakan benda-benda yang akan dipasang sesuai dengan tema rumah. Baik dari pemilihan warna, motif, maupun bentuknya. Semakin serasi dengan tema rumah atau ruangan, makin nyaman dan cantik pula rumah Anda.

 

Ditulis oleh : Ivan Indra Kesuma

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.