Categories: Stories

Kasus Langka! Terlahir Tanpa Sidik Jari, Keluarga Ini Sulit Pergi ke Luar Negeri

Share

JEDA.ID-Apa jadinya jika manusia terlahir tanpa sidik jari? Sepertinya tidak mungkin terjadi ya, tetapi kenyataannya ada loh manusia terlahir tanpa sidik jari.

Kisah unik kali ini bakal membahas kasus langka sebuah keluarga terlahir tanpa sidik jari yang menimpa sebuah keluarga di Bangladesh. Akibat terlahir tanpa sidik jari, mereka pun mengalami kendala dalam pengurusan dokumen pribadi termasuk hingga urusan bepergian ke luar negeri. Waduh!

Inilah kisah keluarga Apu Sarker yang terlahir dengan kondisi genetik langka.  Apu Sarker ,22, memperlihatkan telapak tangannya. Semuanya tampak biasa saja pada awalnya, tapi ketika dilihat lagi dengan lebih dekat, Anda bisa melihat permukaan yang halus di ujung jarinya.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Sejarah Dinar dan Dirham

Apu terlahir dengan kondisi tidak memiliki sidik jari. Seluruh pria di keluarganya mengalami mutasi genetik yang super langka itu. Kondisi tanpa sidik jari yang dialami keluarga Sarker disebut dengan Adermatoglyphia.

Kondisi kelainan genetik terlahir tanpa sidik jari atau disebut Adermatoglyphia ini diperkirakan hanya dialami oleh sejumlah kecil saja keluarga di seluruh dunia. Kondisi langka itu kali pertama dikenal di pada 2007.

Saat itu, Peter Itin, seorang dokter kulit di Swiss, dihubungi oleh seorang perempuan yang menghadapi masalah ketika akan masuk ke AS. Wajah perempuan tadi cocok dengan foto di paspornya.

Namun petugas bea cukai tak dapat merekam sidik jari sedikit pun dari perempuan tersebut, karena memang dia tak memilikinya. Setelah diperiksa, Itin menemukan bahwa perempuan itu dan delapan anggota keluarganya, sama-sama memiliki kondisi yang unik: bantalan jari yang datar dan berkurangnya jumlah kelenjar keringat di tangan.

Profesor Itin pun melihat sekuens DNA dari 16 anggota keluarga perempuan tadi. Tujuh di antaranya memiliki sidik jari, sementara sembilan orang lainnya terlahir tanpa sidik jari. Akhirnya pada tahun 2011, Tim Peneliti yang dipimpin Itin berhasil menemukan satu gen, yaitu SMARCAD1, yang bermutasi pada sembilan anggota keluarga perempuan yang tidak memiliki finger print tersebut.

Baca Juga: Dikaitkan dengan Kematian Marco Panari, Kenali Bahaya Tersedak

Para peneliti mengidentifikasi mutasi pada gen itulah yang menyebabkan seseorang bisa tidak memiliki sidik jari. Sebelumnya, nyaris tidak ada yang diketahui tentang gen tersebut pada saat itu.

Mutasi tersebut tampaknya tidak menyebabkan efek kesehatan yang buruk, selain dari efek hilangnya sidik jari pada telapak tangan. Dengan kondisinya tersebut, Apu Sarker jadi punya banyak masalah.
Pada masa kakeknya masih muda, tak memiliki sidik jari bukanlah masalah besar. Tapi di zaman sekarang, Apu memiliki banyak kesulitan.

“Saya pikir dia tak pernah menganggapnya sebagai suatu masalah,” tutur Apu seperti dikutip dari detikcom, belum lama ini.

Kesulitan Bikin Kartu Identitas, Paspor hingga SIM

Pada 2008, ketika Apu masih kanak-kanak, Bangladesh memperkenalkan kartu identitas nasional bagi para orang dewasa dengan database yang memerlukan sidik jari jempol. Para petugas pun bingung karena tidak tahu bagaimana cara memproses kartu identitas untuk ayah Apu, Amal Sarker. Amal memiliki kondisi yang sama dengan Apu, sama-sama tidak memiliki sidik jari.

Akhirnya, dia menerima sebuah kartu dengan cap ‘TANPA SIDIK JARI’. Pada 2010, sidik jari menjadi persyaratan wajib untuk pembuatan paspor dan surat izin mengemudi (SIM). Setelah beberapa kali mencoba, Amal bisa mendapatkan paspor dengan menunjukkan surat keterangan dari dinas kesehatan setempat.

Namun sampai sekarang, Amal tidak pernah menggunakan paspor tersebut karena takut akan terlibat masalah di bandara. Amal juga tidak pernah memiliki SIM.

Baca Juga: Ini Deretan Sepeda Lipat Antimahal, Harganya Hanya Rp1 Jutaan

“Saya sudah bayar biayanya, lulus ujian, tapi mereka tidak mengeluarkan izin karena saya tidak bisa memberikan sidik jari,” ujar Amal.

Amal selalu membawa tanda terima pembayaran biaya pembuatan SIM ketika mengendarai motor, tetapi itu tidak selalu membantunya saat dihentikan polisi di jalan. Dia pernah didenda dua kali.

Dia pun menjelaskan kondisinya kepada petugas yang bingung. Dia bahkan sampai mengangkat ujung jarinya yang halus agar mereka bisa melihat. Tapi upayanya itu tak membuatnya bebas dari denda.

“Itu selalu menjadi pengalaman yang memalukan bagi saya,” tutur Amal.

Pada 2016, pemerintah Bangladesh mewajibkan pencocokan sidik jari dengan database nasional buat mereka yang ingin mendapatkan kartu Sim untuk ponselnya. “Mereka tampak kebingungan ketika saya datang untuk membeli sebuah [kartu] Sim, perangkat mereka rusak tiap kali saya menempatkan jari saya di sensor,” tutur Apu sambil tersenyum masam.

Apu Sarker tidak memiliki sidik jari (Detik)

Keinginan Apu untuk mendapatkan kartu sim pun ditolak. Semua anggota laki-laki di keluarganya, akhirnya menggunakan kartu Sim yang dikeluarkan atas nama ibunya.

Paman Apu Sarker yang bernama Gopesh, harus menunggu dua tahun demi mendapatkan persetujuan untuk paspornya. Gopesh juga memiliki kondisi yang sama dengan Apu, yaitu tidak punya sidik jari.

Gopesh yang tinggal di Dinajpur, berjarak 350 km dari Dhaka, harus melakukan perjalanan empat atau lima kali dalam dua tahun terakhir untuk meyakinkan pihak Imigrasi, bahwa dia benar-benar memiliki penyakit genetik tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Gigi Kuning, Supaya Gigi Tetap Putih dan Sehat

Profesor Itin pun punya istilah lain untuk penyakit genetik ini, yaitu Immigration Delay Disease. Penyakit tersebut bisa mempengaruhi beberapa generasi dalam sebuah keluarga.

Saat kantornya mulai menggunakan sistem absen sidik jari, Gopesh harus meyakinkan atasannya untuk mengizinkannya menggunakan sistem lama, yaitu menandatangani lembar absensi setiap hari.
Bagi keluarga Sarker yang menderita kondisi langka itu, masyarakat di sekitar mereka jadi semakin tak ramah. Bukannya semakin mengakomodasi kondisi mereka.

Amal Sarker menjalani sebagian besar hidupnya tanpa terlalu banyak kesulitan, tetapi dia merasa sangat kasihan kepada anak-anaknya.

“Ini bukan tangan saya, ini sesuatu yang saya warisi. Namun bagaimana saya dan anak-anak mendapat semua jenis masalah, bagi saya, itu sangat menyakitkan,” ucap Amal sedih.

Solusi dari Pemerintah Bangladesh

Baru-baru ini Amal dan Apu mendapatkan jenis baru dari kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah Bangladesh setelah mereka menunjukkan sertifikat medis. Kartu tersebut menggunakan data biometrik, termasuk pemindaian retina dan wajah.Namun, mereka masih belum bisa membeli kartu Sim ponsel atau mendapatkan SIM, sedangkan proses mendapatkan paspor adalah proses yang lama dan melelahkan.

Baca Juga: Dugaan Meteor Jatuh di Buleleng Bali, Begini Penjelasan Lapan RI

“Saya letih menjelaskan situasinya lagi dan lagi. Saya bertanya pada banyak orang untuk mendapatkan nasihat, namun tak ada dari mereka yang bisa memberi saya jawaban pasti,” kata Apu.

“Seseorang menyarankan saya untuk ke pengadilan. Jika semua opsi gagal, itu yang mungkin akan saya lakukan,” imbuhnya.

Apu berharap ia bisa mendapatkan paspor. Dia ingin bepergian keluar Bangladesh. Dia hanya perlu mulai mengajukan aplikasinya.

Menurut Profesor Eli Sprecher, diperlukan lebih banyak pengujian untuk memastikan bahwa keluarga tersebut memiliki beberapa bentuk Adermatoglyphia.

Namun, Profesor Sprecher mengatakan timnya akan sangat senang apabila bisa membantu keluarga tersebut dengan pengujian genetik. Hasil dari tes tersebut mungkin memberikan kepastian bagi keluarga Sarker, tetapi tidak ada kelegaan dari perjuangan sehari-hari menjelajahi dunia tanpa sidik jari.

Published by

Recent Posts

Daftar Lokasi Pembantaian yang Libatkan PKI di Solo, Adakah yang Tahu?

JEDA.ID — Berikut ini terdapat daftar lokasi pembantaian yang melibatkan Partai Komunis Indonesia atau PKI…

30 September 2021

5 Wisata Dekat atau Sekitar Sirkuit Mandalika Lombok, Ada Pantai Eksotis Hlo!

JEDA.ID — Berikut ini terdapat deretan wisata di dekat atau sekitar Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah,…

30 September 2021

Pengin Dapat Uang Rp1 Miliar Saat Pensiun? Ini Hlo Caranya!

JEDA.ID — Masa pensiun kerap menjadi momok bagi sebagian orang lantaran sudah tidak adanya penghasilan…

29 September 2021

Disoroti Pembalap Dunia, Ini Spesifikasi Sirkuit Mandalika di Lombok

JEDA.ID — Berikut ini terdapat spesifikasi lengkap dari Sirkuit Mandalika di Lombok yang sempat mencuri perhatian…

29 September 2021

Setia Temani Tukul Arwana, Ini Potret Kece Ega Prayudi Berseragam Polisi di Instagram

JEDA.ID — Berikut ini terdapat potret ganteng seorang polisi di Instagram bernama Ega Prayudi, yang merupakan…

28 September 2021

Pengin Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan? Baca Doa dan Zikir Ini

JEDA.ID — Apa bunyi bacaan doa dan zikir agar cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan menurut…

28 September 2021