Categories: Real

Ramai-Ramai Membantah Klaim Hadi Pranoto Soal Obat Covid-19

Share

JEDA.ID– Nama Hadi Pranoto sontak ramai dibicarakan warganet setelah muncul di Youtube Duniamanji yang bertajuk “Bisa Kembali Normal Obat Covid-19 Sudah Ditemukan !! (Part 1)”.

Dalam video tersebut, Hadi Pranoto bicara mengenai ‘obat’ yang bisa menyembuhkan pasien Corona.

Hadi Pranoto juga mengklaim dirinya sebagai ahli mikrobiologi dengan nama Profesor Hadi Pranoto. Anji bahkan menyapa Hadi Pranoto sebagai ‘dok’.

Namun pernyataan Hadi Pranoto, baik soal ‘obat Corona’ dan klaim riset akademik yang ia lakukan dibantah secara tegas oleh sejumlah pihak. Berikut berbagai bantahan instansi terkait Hadi Pranoto seperti dilansir detikcom, Senin (3/8/2020).

Makin Ngetren Selama Pandemi, Inilah Deretan Manfaat Berkebun

1. Tak ada database Hadi Pranoto di IDI

Saat menjadi tamu di video Anji, Hadi Pranoto mengaku sebagai ahli mikrobiologi. IDI kemudian menyatakan tidak ada nama Hadi Pranoto di database dokter. PB IDI juga mengecam klaim Hadi Pranoto karena dinilai membahayakan.

“Dicari nggak ada, dan penegak hukum harus turun tangan. (Pernyataannya) membahayakan masyarakat. Misalnya dia rapid test ngomongnya cuma Rp 10 ribu, swab test cuma 10 ribu, saya nggak tahu apakah itu hanya prank atau… tapi kan nggak boleh. Itu polisi harus turun tangan untuk mengecek itu,” ujar Wakil Ketua Umum PB IDI, dr Slamet Budiarto.

2. Klaim ‘obat Corona’ yang tak berdasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Achmad Yurianto menegaskan klaim soal ‘obat Corona’ yang disebutkan dalam video tersebut tidak memiliki bukti.

“Temuan enggak jelas,” tegas dr Yuri, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom, Minggu (2/8/2020).

Temuan soal obat Corona tidak bisa sembarang diklaim, sebab harus melalui tahapan uji coba dan uji klinis seperti vaksin sebelum bisa digunakan secara massal.

3. Hadi Pranoto bukan bagian tim riset obat herbal Covid-19

Hadi Pranoto juga menyebut ramuan herbal yang ia temukan sudah berhasil menyembuhkan ribuan pasien Covid-19. Dirinya juga mengaku telah melakukan penelitian sejak tahun 2000 bersama timnya yang terdiri dari berbagai kalangan.

Menanggapi heboh klaim obat herbal COVID-19 tersebut, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menegaskan bahwa Hadi Pranoto tidak tergabung dalam konsorsium tim peneliti herbal imunomodulator Covid-19.

“Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) menyatakan bahwa Hadi Pranoto tidak pernah menjadi salah satu anggota peneliti Konsorsium dalam tim pengembangan herbal imunomodulator yang dibentuk oleh Kemenristek/BRIN,” tulis Kemenristek/BRIN dalam siaran pers yang diterima detikcom pada Senin (3/8/2020).

Mengapa Memilih Bersepeda Saat Pandemi Corona? Ini Alasannya

4. Jubir Satgas Covid-19 Ragukan klaim ‘peneliti’ Hadi Pranoto

Setelah videonya bersama Anji trending, Hadi Pranoto mengklaim mendapat gelar profesor dan riset akademik dari luar negeri, tapi tidak menyebutkan asal universitas maupun negaranya. Ia menganggap Indonesia belum memiliki laboratorium yang cukup untuk penelitian sehingga ia hanya melakukan studi di luar negeri.

Hanya saja Juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meragukan klaim tersebut. Wiku juga meminta agar publik tidak mudah percaya akan sesuatu yang belum dibuktikan kebenarannya.

“Mengenai siapa Saudara Hadi Pranoto, silakan ditelusuri apakah yang bersangkutan adalah seorang profesor atau peneliti (dari institusi perguruan tinggi/riset mana) seperti yang sedang beredar saat ini. Jangan cepat percaya pada pemberitaan dan jangan cepat membagi berita yang isinya diragukan kebenarannya,” kata Wiku.

Siapa Hadi Pranoto?

Tak banyak informasi soal Hadi Pranoto yang bisa diperoleh di Internet. hal itu pun diungkap Anji dalam videonya.

“Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali dicari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini,” ujar Anji.

Namun nama Hadi Pranoto bukan sekali ini dibicarakan, sebelumnya nama Hadi Pranoto ramai gara-gara geger mengundang Rhoma Irama untuk hajatan di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hadi Pranoto ialah anak angkat Surya Atmaja selaku penyelenggara acara khitanan yang menghadirkan Pedangdut Rhoma Irama di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 28 Juni 2020. Akibat acara khitanan tersebut, warga Pamijahan harus dites cepat Covid-19.

“Maaf yang sebesar-besarnya kepada Pemda, Gugus Tugas Covid-19 tingkat daerah maupun nasional karena keluarga kami mengadakan acara khitanan di saat covid-19 masih mewabah di Indonesia,” kata Hadi, Rabu (1/7/2020) seperti dilansir sebuah media online.

Published by

Recent Posts

Bikin Deg Deg Ser! Ini Artis yang Berani Beradegan Panas di Film

JEDA.ID -- Siapa tak mengenal artis yang berani berani beradegan panas di film yang mereka bintangi…

23 Oktober 2020

Benarkah Kantong Plastik Lebih Mengancam Lingkungan Dibandingkan Tas Kertas dan Katun?

JEDA.ID-Selama ini ada anggapan kantong plastik mengancam lingkungan, jadi kita diminta berganti tas kertas dan…

23 Oktober 2020

Sejarah Nikon, Produsen Kamera Raksasa yang Tutup Lapak di RI

JEDA.ID-Sejarah Nikon patut diulik lantaran perusahaan ini memutuskan hengkang dari Indonesia. Kira-kira bagaimana ya sejarah…

22 Oktober 2020

5 Tanda Perkawinan Anda Bermasalah, Nomor 5 Paling Berbahaya

JEDA.ID-Ada sejumlah tanda perkawinan Anda bermasalah. Semakin cepat Anda menyadari  perkawinan Anda bermasalah itu, semakin…

22 Oktober 2020

6 Kualitas Pekerja yang Dicari Perusahaan Saat Pandemi

JEDA.ID-Perusahaan dan industri berusaha bangkit dan beradaptasi di era pandemi, karena itu mereka mencari kualitas…

22 Oktober 2020

10 Tantangan Jadi Pengusaha, Kamu Siap Menghadapinya?

JEDA.ID-Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha tanpa menyadari ada banyak tantangan jadi  pengusaha. Agar sukses, kita…

22 Oktober 2020